Cegah Jual Pasir, Menhut Kucurkan Pinjaman Dana Bergulir BLU untuk Cianjur

Thu, 06 March 2014

Pushumas Kemenhut, Cianjur : Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan didampingi Dirjen BPDASPS Hilman Nugroho dan Kepala Pusat Badan Layanan Umum (BLU) Agus Isnantio Rahmadi menyerahkan pinjaman dana bergulir BLU sebesar Rp 1,1 Milyar kepada Kelompok Tani Hutan Rakyat di Kecamatan Cidaun Cianjur dan pinjaman dana sebesar Rp 1,7 Milyar kepada masyarakat sekitar hutan di Kecamatan Sindang Barang Cianjur, Kamis (6/3) . Menhut juga menyerahkan bibit KBR (Kebun Bibit Rakyat) kepada perwakilan kelompok masyarakat Cianjur dan dilanjutkan dengan menanam pohon Rasamala .

Dalam sambutannya Menhut menegaskan agar pinjaman tersebut dapat dipergunakan sebaik mungkin. Pinjaman yang juga dikenal dengan istilah Tunda Tebang, ini diberikan Kemenhut lewat BLU, dengan bunga 7.5%, dengan jangka waktu pengembalian selama 9 tahun.

“Pinjaman ini juga diharapkan dapat mendukung kegiatan menanam pohon yang sudah menjadi budaya di masyarakat. Untuk pohon yang sudah ditanam jangan ditebang atau diijon, nanti setelah 9 tahun baru dibayarkan,” ujar Menhut.

Menhut juga menyinggung agar warga Sidangbarang memiliki usaha ekonomi yang aktif dan tidak mengantungkan hidupnya dengan merusak alam. “ Tidak pantas orang Cianjur menjual tanahnya sendiri. Saya berharap Jangan lagi menjual pasir atau mengeruk pasir. Nanti lama-lama pantai nya akan dangkal dan abrasi. Untuk itu saya berharap lewat pinjaman ini masyarakat dapat mencari pendapatan ekonomi keluarga yang baru. Termasuk kegiatan menanam yang sangat menguntungkan bila panen, “ pungkas Menhut. (FOTOPUSHUMAS/supri/zaki)

Melayani hak anda untuk tahu