Kampanye Less Plastic, Be Fantastic Sebagai Wujud Penerapan Eco Office

Wed, 10 August 2016

Nomor : S. 41 /HUMAS/PP/HMS.3/8/2016

Bali – Biro Humas, Rabu 10 Agustus 2016 : Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Bali dan Nusa Tenggara melaksanakan kampanye pengurangan penggunaan kemasan plastik untuk mengurangi produksi sampah plastik. Kampanye ini dilakukan pada Peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) yang bertema “Konservasi Untuk Masyarakat” di Taman Nasional Bali Barat, Jembrana, Bali pada 8-11 Agustus 2016.

Kampanye dilaksanakan melalui pengenalan konsep pelaksanaan kegiatan kantor yang ramah lingkungan atau yang dikenal juga sebagai Eco Office. Strategi kampanye yang dilakukan pada kegiatan HKAN tersebut salah satunya dengan menyampaikan surat himbauan kepada seluruh peserta agar membawa botol minum isi ulang (tumbler). Peserta dapat melakukan isi ulang air minum pada galon besar yang telah disediakan oleh panitia. Hal ini diharapkan dapat mengurangi penggunaan kemasan gelas atau botol plastik.

Adapun strategi lainnya meliputi; 1) Menyajikan makanan ringan (snack) dan makan siang dengan menggunakan wadah ingke (piring dari bahan lidi/rotan) baralas daun sehingga dapat digunakan kembali untuk mengurangi pemakaian kotak makan berbahan kertas; 2) Menyiapkan lap basah berbahan handuk yang dapat dipakai kembali sebagai pengganti tisu; 3) Menggunakan gelas berbahan kaca sebagai pengganti gelas/botol plastik; 4) Melakukan kampanye pada stand pameran P3E Bali dan Nusra dengan menyediakan brosur mengenai kantor ramah lingkungan / Eco Office serta spanduk ajakan mengurangi penggunaan plastik dengan semboyan yang di dengungkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada sidang ke-2 UNEA “Less Plastic, Be Fantastic”.

Jumlah pengurangan penggunaan kemasan plastik pada rangkaian acara ini berkurang cukup signifikan. Diperkirakan pengurangan sebanyak 2100 gelas atau botol kemasan plastik.

Mengingat peserta yang hadir dari kalangan instansi, diharapkan konsep ini dapat memberikan efek bola salju ke berbagai instansi yang hadir untuk menerapkan kantor ramah lingkungan di instansi masing-masing. Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan motivasi bagi seluruh peserta untuk mulai hidup berbudaya lingkungan.

---

Penanggungjawab berita:

1. Kepala P3E Bali Nusra, Rijaluzzaman, Telp. 0812 9231221

2. Kepala Biro Humas Kementerian LHK, Novrizal T. 0818 432387

Melayani hak anda untuk tahu