Manggala Agni Berhasil Padamkan Kebakaran Hutan dan Lahan di Sulawesi Tenggara

Fri, 13 October 2017

Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jum’at, 13 Oktober 2017. Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan – Manggala Agni Daops Tinanggea berhasil padamkan kebakaran lahan seluas ± 15 Ha di dua lokasi di Provinsi Sulawesi Tenggara (12/10/2017). Lokasi pertama, terletak di Wilayah Kecamatan Tinanggea, Kabupaten Konawe Selatan, seluas ± 10,56 Ha. Lokasi kebakaran kedua, di Kelurahan Rarongkeu, Kecamatan Lantari Jaya, Kabupaten Bombana seluas ± 4.28 Ha. Lahan semak belukar yang terbakar diduga disebabkan oleh aktivitas pembukaan lahan oleh masyarakat.

Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, KLHK, Raffles B. Panjaitan mengungkapkan bahwa perlu terus dilakukan upaya penyadartahuan kepada masyarakat penggarap lahan agar tidak menyiapkan lahan pertanian atau perkebunannya dengan cara membakar.

"Masyarakat hendaknya dapat lebih bijak dalam memanfaatkan lahan pertaniannya. Tidak hanya mengejar faktor ekonomi namun juga harus mempertimbangkan faktor lingkungan dan segala resikonya yang akan berdampak secara luas,” tambah Raffles.

Berita selengkapnya disini

Melayani hak anda untuk tahu