Menhut Beri Nama Anak Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) Sekaligus Launching Fatwa MUI No 4

Wed, 12 March 2014


Pushumas Kemenhut, Ragunan Jakarta : Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan memberikan nama “Pangeran” kepada seekor anak gajah sumatera (Elephas maximus sumatranus) berjenis kelamin jantan, Rabu (12/3) di lokasi kandang gajah sumatera Taman Margasatwa Ragunan (TMR) Jakarta. Anak gajah ini merupakan anak pertama hasil perkawinan dari pasangan gajah jantan bernama Arli yang didatangkan dari Way Kambas (+22 tahun) dan gajah betina bernama Agustin yang lahir di TMR (+15 tahun). Acara pemberian nama anak gajah sumatera ini sebagai rangkaian kegiatan Peringatan Hari Ulang tahun TMR ke 150.

Disamping memberi nama anak gajah, Menhut juga me-Launching fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) No. 4 tahun 2014 tentang pelestarian satwa langka untuk menjaga kelestarian ekosistem. Fatwa ini merupakan hasil kajian bersama antara MUI dengan Kementerian Kehutanan bersama mitra terkait, yang merupakan upaya strategis untuk menyentuh kesadaran umat terhadap pelestarian satwa-satwa langka melalui pendekatan sosial budaya dan agama.

Menhut menghimbau kepada umat muslim untuk turut mengamalkan dan melaksanakan fatwa ini sebagai panduan, agar kita dapat hidup berdampingan dengan satwa langka karena mereka merupakan ciptaan Allah SWT yang mempunyai hak untuk hidup.(FOTOPUSHUMAS/ijan/ima/arset)

Keterangan Foto : 

Foto 1,2,3 : Menhut Zulkifli Hasan memberi nama anak gajah “Pangeran” didampingi oleh ketua MUI Din Syamsuddin.

Foto 4,5 : Pangeran” dan induk gajah betina “Agustin” di kandang gajah sumatera Taman Margasatwa Ragunan (TMR) Jakarta.

Foto 6 : Menhut Zulkifli Hasan dan Ketua MUI Din Syamsuddin usai penandatanganan tanda telah diluncurkannya Fatwa MUI No.4 Tahun 2014 tentang pelestarian satwa langka.

Foto 7,8 : Menhut Zulkifli Hasan memberi sambutan pada acara “Peluncuran Fatwa MUI No.4 Tahun 2014” tentang pelestarian satwa langka.

Foto 9 : Menhut Zulkifli Hasan berjabat tangan dengan Ketua MUI Din Syamsuddin usai acara “Peluncuran Fatwa MUI No.4 Tahun 2014” tentang pelestarian satwa langka.

Foto 10,11 : Jumpa Pers Menhut Zulkifli Hasan dan Ketua MUI Din Syamsuddin usai digelarnya acara “Peluncuran Fatwa MUI No.4 Tahun 2014”.

Foto 12 : Menhut Zulkifli Hasan dan Ketua MUI Din Syamsuddin menuliskan pesan usai acara “Peluncuran Fatwa MUI No.4 Tahun 2014” tentang pelestarian satwa langka.

Melayani hak anda untuk tahu