Menhut Pimpin Delegasi Indonesia pada acara The Special Ministerial Meeting on the Heart of Borneo (

Sat, 07 September 2013


Pushumas, Bandar Seri Begawan : Menteri Kehutanan Dr. (HC) Zulkifli Hasan, SE, MM didampingi oleh Sekjen Kementerian Kehutanan Dr. Ir. Hadi Daryanto, DEA memimpin delegasi Indonesia pada acara The Special Ministerial Meeting on the Heart of Borneo (HoB) Initiative yang diselenggarakan di Hotel Empire, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam pada hari Sabtu, 7 September 2013. Acara yang melibatkan 3 (tiga) negara: Indonesia, Brunei Darussalam dan Malaysia tersebut mengusung program konservasi dan pembangunan berkelanjutan di kawasan perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalimantan dan juga mencakup sebagian wilayah Brunei Darussalam. Selaku tuan rumah, delegasi Brunei Darussalam dipimpin oleh Menteri Industri dan Sumber Daya Alam Brunei Darussalam, Pehin Dato Yahya sementara rombongan delegasi Malaysia dipimpin oleh Deputi Menteri Sumber Daya Alam dan Lingkungan Malaysia, Dr. James Dawos Mamit. Organisasi internasional Asian Development Bank (ADB) dan NGO World Wide Fund for Nature (WWF) juga turuh hadir pada kesempatan ini.

Heart of Borneo (HoB) atau Jantung Borneo digunakan sebagai nama suatu inisiatif dari Indonesia, Brunei Darussalam dan Malaysia yang dideklarasikan sejak 12 Februari 2007. Melalui inisiatif HoB, ketiga negara bersinergi dalam pengelolaan dan konservasi yang efektif di kawasan hutan hujan ekuator HoB yang meliputi 23 juta hektar melalui jejaring kawasan lindung, hutan produksi dan penggunaan lahan yang berkelanjutan, yang memberi manfaat bagi masyarakat dan alam, melalui kerjasama internasional yang dipimpin oleh masing-masing pemerintah negara di Borneo, yang didukung oleh industri dan upaya global yang berkelanjutan.

Pada acara HoB ini, para menteri mencatat pentingnya mendorong pembangunan ekonomi hijau serta berkomitmen untuk pengembangan program dan kebijakan serta solusi keuangan dalam memenuhi tujuan konservasi serta tuntutan pembangunan ekonomi berkelanjutan berdasarkan lima pilar HoB yaitu: kerjasama lintas batas, pengelolaan kawasan lindung, manajemen sumberdaya alam yang berkelanjutan, peningkatan kapasitas serta pengembangan pemanfaatan jasa lingkungan dan wisata alam. (Foto Pushumas: Andika/rd)

Foto Caption:
1 : Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menerima sertifikat WWF Leaders for a Living Planet dari Putera Mahkota Brunei Darussalam, Al-Muhtadee Billah Bolkiah pada acara The Special Ministerial Meeting on the Heart of Borneo (HoB) Initiative di Hotel Empire, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, Sabtu 7 September 2013.

2 : Menteri Kehutanan Dr. (HC) Zulkifli Hasan, SE, MM (kanan) didampingi oleh Sekjen Kementerian Kehutanan Dr. Ir. Hadi Daryanto, DEA memimpin rombongan delegasi Indonesia untuk The Special Ministerial Meeting on the Heart of Borneo (HoB) Initiative di Brunei Darussalam, Sabtu 7 September 2013.

3 : Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan pada saat The Special Ministerial Meeting on the Heart of Borneo (HoB) Initiative di Brunei Darussalam, Sabtu 7 September 2013.

4 : (Dari kiri-kanan) Deputi Menteri Sumber Daya Alam dan Lingkungan Malaysia Dr. James Dawos Mamit, Menteri Industri dan Sumber Daya Alam Brunei Darussalam Pehin Dato Yaya dan Menteri Kehutanan Republik Indonesia Zulkifli Hasan berkomitmen dalam program konservasi dan pembangunan berkelanjutan di Heart of Borneo.

5 : Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menanam pohon di sela-sela acara The Special Ministerial Meeting on the Heart of Borneo (HoB) Initiative di Brunei Darussalam, Sabtu 7 September 2013.

Melayani hak anda untuk tahu