Menhut Tinjau 2800 Kura-Kura Moncong Babi Hasil Sitaan

Thu, 09 January 2014

Pushumas Kemenhut, Jakarta : Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan meninjau 2800 Kura Kura Moncong Babi (Carettochelis insclupta) hasil selundupan yang berhasil disita oleh petugas Polhut Seksi Konservasi Wilayah II Balai KSDA DKI Jakarta dan Petugas Karantina Ikan Badan Karantina Pertanian (Barantan) , Kamis (9/1) di Instalasi Karantina Hewan Balai Besar Karantina Pertanian Soekarno Hatta. 

Satwa Langka yang tidak dilengkapi dokumen karantina yang dipersyaratkan.tersebut dimasukan dalam 4 koper yang berisi 40 kotak kecil dalam bagasi penumpang pada pesawat terbang dari Jayapura dengan penerbangan GA 655 tujuan Bandara Soekarno Hatta pada Selasa (7/1). Akibat penyelundupan satwa langka tersebut, negara dirugikan sekitar Rp 435 juta jika satu ekor kura-kura ditaksir seharga Rp 150.000,- 

Menurut Menhut setelah dilakukan pemulihan , Kementerian Kehutanan akan mengembalikan seluruh kura kura moncong babi kehabitatnya di Papua agar nyaman ditempat asalnya dengan biaya dari Kemenhut. (FOTO PUSHUMAS/arset/arset)
Keterangan Foto : 

Foto 1 : Menhut Zulkifli Hasan didampingi Plt Dirjen PHKA Sonny Partono meninjau kura-kura moncong babi di Instalasi Karantina Hewan Balai Besar Karantina Pertanian Soekarno Hatta. 

Foto 2 & 5 : Menhut Zulkifli Hasan sedang memegang kura-kura moncong babi dalam pemulihan di Instalasi Karantina Hewan Balai Besar Karantina Pertanian Soekarno Hatta. 

Foto 3 & 4 : Menhut Zulkifli Hasan sedang menjelaskan kepada para wartawan saat meninjau kura-kura moncong babi dalam pemulihan di Instalasi Karantina Hewan Balai Besar Karantina Pertanian Soekarno Hatta. 

Foto 6 : Isi koper dan kura-kura moncong babi dalam pemulihan di Instalasi Karantina Hewan Balai Besar Karantina Pertanian Soekarno Hatta. 

Foto 7 : Barang bukti koper dan kura-kura moncong babi dalam pemulihan di Instalasi Karantina Hewan Balai Besar Karantina Pertanian Soekarno Hatta. 

Foto 8 & 9 : Kura-kura moncong babi yang diselundupkan dari Jayapura di Instalasi Karantina Hewan Balai Besar Karantina Pertanian Soekarno Hatta. 

Foto 10 & 11 : Menhut Zulkifli Hasan sedang memberi keterangan pers kepada wartawan media cetak dan elektronik tentang penyelundupan kura-kura moncong babi di Instalasi Karantina Hewan Balai Besar Karantina Pertanian Soekarno Hatta.

Melayani hak anda untuk tahu