Menjelang Tahun Baru, KLHK Perkuat Masyarakat Peduli Api

Thu, 28 December 2017

Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kamis, 28 Desember 2017. Meskipun beberapa hari terakhir hotspot terpantau nihil, namun upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terus diperkuat KLHK, khususnya di tingkat tapak. Sebagaimana di provinsi Nusa Tenggara Timur, yang merupakan salah satu wilayah rawan karhutla, KLHK melalui Balai Taman Nasional Komodo, memfasilitasi pembentukan Masyarakat Peduli Api (MPA) di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), yaitu di Kabupaten Manggarai Barat.

Dalam kesempatan yang berbeda, Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, KLHK, Raffles B. Panjaitan, menyampaikan pentingnya penguatan upaya pengendalian karhutla di tingkat tapak. "Masyarakat desa adalah bagian subjek aktif yang berdaya dan berperan penting dalam penyelamatan lingkungan dan kelestarian alam secara umum termasuk dalam upaya pengendalian karhutla", tuturnya. 

“Pelibatan masyarakat desa dalam pengendalian karhutla diwujudkan melalui penguatan kelembagaan berbasis masyarakat desa, salah satu nya melalui Masyarakat Peduli Api,” ungkap Raffles.

Berita selengkapnya klik disini

Melayani hak anda untuk tahu