Menteri LHK Dijadwalkan Hadir pada Pertemuan UNEA-2

Tue, 24 May 2016

Nomor : S. 377 /HUMAS/PP/HMS.3/5/2016

Jakarta – Biro Humas, 24 Mei 2016: Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Dr. Siti Nurbaya Bakar dijadwalkan hadir dalam pertemuan PBB bidang Lingkungan Hidup UNEA-2 yang berlangsung dari 23 – 27 Mei 2016 di Nairobi, Kenya. Siti Nurbaya akan mengusung kepentingan RI yang salah satunya memberikan kontribusi terhadap pencapaian dari Sustainable Development Goals (SDGs). 

Sebelumnya, Duta Besar Indonesia untuk Kenya, Bapak Soehardjono Sastromihardjo, selaku Ketua Delegasi Republik Indonesia telah menyampaikan pada pembukaan UNEA-2 bahwa “Indonesia memandang United Nations Environment Assembly (UNEA) sebagai forum penting mengatasi isu lingkungan global dimana Indonesia akan fokus pada isu bahan kimia dan limbah, sampah plastik laut dan microplastics, pengelolaan terumbu karang yang berkelanjutan, perubahan iklim, konsumsi dan produksi berkelanjutan, perdagangan satwa liar illegal serta dokumen UNEP strategi jangka menengah 2018 – 2021. Tahun ini, kita melangkah ke era baru dimana tahun lalu Indonesia mengadopsi Agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030 atau SDG’s.”

Soehardjono juga menyatakan, “Kami yakin bahwa efektivitas dalam menangani isu-isu lingkungan tidak terlepas dari sejumlah faktor penting, seperti dukungan dan komitmen yang kuat dari para pemimpin politik, kolaborasi dan kemitraan multilayer, tata pemerintahan yang baik, pendekatan yang tepat melalui promosi kebijakan berbasis ilmu pengetahuan, dan ketersediaan teknologi serta pengerahan sumber daya yang ada. Jadi, kita harus memastikan bahwa semua elemen dan SDG’s ini disertakan sebagai pedoman dalam upaya kita bersama”, lanjut Soehardjono.

“Kami memiliki harapan bahwa hasil dari segmen tingkat tinggi UNEA-2 ini akan menjadi upaya konkret dan dapat direalisasikan untuk memenuhi komitmen kami pada SDG’s 2030 yang berhubungan dengan masalah lingkungan” lanjutnya.

Penanggung jawab berita:
Staf Ahli Menteri LHK bidang Energi, Arief Yuwono, Hp. 081290670668 
Kepala Biro Hubungan Masyarakat KLHK, Novrizal, HP.0818-432-387

Melayani hak anda untuk tahu