Menteri LHK Tanda-Tangani Kesepakatan Bersama GN-KPA

Thu, 19 July 2018

Pushumas Kemenhut, Jakarta : Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya
bersama 7 (tujuh) kementerian menandatangani kesepakatan bersama Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA), Sabtu (9/5) di Taman Kota Waduk Pluit, Jakarta Utara.  Penandatanganan GN-KPA dilaksanakan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, mewakili Menteri dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Pertanian, Kementerian BUMN, Kementerian Agraria dan Tata Ruang, dan Kementerian Desa, Pembanunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Acara ini merupakan rangkaian peringatan Hari Air Dunia ke 23 tahun 2015 yang mengusung Tema Air dan Pembangunan Berkelanjutan. Enam fokus program kegiatannya antara lain: penataan ruang, penataan bangunan fisik, penatagunaan tanah dan penatagunaan kependudukan. Sasaran revitalisasi GN-KPA meliputi merehabilitasi 108 Daerah Aliran Sungai Kritis dan perbaikan 15 danau, 29 bendungan prioritas, serta Irigasi Bersih pada 17 provinsi sentra pagi di seluruh Indonesia.

Menurut Menteri LHK, konsumsi air masyarakat Indonesia saat ini sudah hampir seperti warga negara Amerika. Pada tahun 1970-an setiap individu masyarakat Indonesia membutuhkan 70 – 80 liter air/hari, sedangkan warga negara Amerika membutuhkan hampir 200 liter air/hari/orang disebabkan oleh pola hidup mereka seperti mandi menggunakan shower dan flushing yang membutuhkan air lebih banyak. Seiring dengan tingkat pertumbuhan ekonomi kebutuhan air per individu di Indonesia terus meningkat, mestinya hal ini disesuaikan dengan langkah penyelamatan air.

Melayani hak anda untuk tahu