Menteri LHK Tutup Festival Iklim 2016

Thu, 04 February 2016

Biro Humas Kementerian LHK, Jakarta : Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya secara resmi menutup rangkaian acara Festival Iklim 2016 yang berlangsung selama empat hari, Kamis (4/2) di Jakarta Convention Center. Festival Iklim menjadi dokumentasi berbagai pemikiran, gagasan serta inisiatif bangsa Indonesia dalam mengimplementasikan Paris Agreement di tingkat nasional dan sub nasional. Beberapa hal penting yang tercapai selama pelaksanaan Festival Iklim ini adalah Indonesia-Norway Partnership yang dihadiri langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Iklim Norwegia serta Indonesia Peat Prize yang diluncurkan bersamaan dengan peringatan Hari Lahan Basah Internasional.

Menteri Siti Nurbaya menyampaikan bahwa bangsa Indonesia terdepan diantara negara-negara berkembang dalam hal pengendalian perubahan iklim. Peran Indonesia sangat dinanti dan dinilai penting oleh dunia internasional. Untuk itu ke depan akan dilakukan internalisasi dan sosialisasi secara terus menerus dan lebih luas lagi untuk mencapai sasaran jangka panjang yaitu penurunan emisi gas rumah kaca nasional sebesar 29% pada tahun 2030. Tidak kalah penting adalah menghimpun berbagai inovasi dan inisiatif dari seluruh lapisan masyarakat. Semua ini akan menjadi catatan prestasi bangsa Indonesia dalam mitigasi dan adaptasi perubahan iklim dunia.

Festival Iklim 2016 diisi dengan berbagai kegiatan utama yaitu seminar dan workshop beberapa kegiatan side event yang bertema climate change. Lomba Debate for Students diikuti oleh 12 universitas dari Pulau Jawa dan Sumatera dimenangkan oleh Tim Debat Universitas Indonesia. Lomba pembuatan maket sustainable city diikuti oleh 12 kelompok pelajar SMP-SMA se-Jabodetabek dimenagkan oleh MTS UIN Jakarta dan SMAN 6 Bekasi. Lomba poster lingkungan yang diikuti oleh 31 pelajar dari 17 SMP/SMA dimenangkan oleh Sekolah Al-Zahra untuk tingkat SMP dan SMA Lab School Jakarta untuk tingkat SMA. Youth Program yang berisi diskusi dan penyadar-tahuan tentang perubahan iklim ditutup dengan Komitmen Bersama Untuk Melakukan Langkah Nyata Pengendalian Perubahan Iklim.


Melayani hak anda untuk tahu