Menteri Siti Nurbaya Tinjau Hutan untuk Relokasi Pengungsi Korban Erupsi Sinabung

Thu, 06 November 2014

Pushumas Kemenhut, Medan : Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya melaksanakan kunjungan kerja ke daerah untuk pertama kalinya dalam rangka pengecekan teknis pembukaan areal Hutan Lindung dan Hutan Produksi Siosar sebagai jalur relokasi korban erupsi Gunung Sinabung, Kamis (6/11) di kawasan hutan produksi Siosar, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut). Turut hadir dalam kunjungan kerja tersebut adalah Sekretaris Jenderal Kementerian Kehutanan Hadi Daryanto dan Sekretaris Menteri Kementerian Lingkungan Hidup Rasio Ridho Sani.

"Kita ke lokasi ini bersama Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho untuk secara teknis melihat lanskapnya seperti apa, konturnya bagaimana, arahan-arahan setting pemukimannya seperti apa. Semua ada caranya agar konservasi di sini tetap terjaga," ujar Siti Nurbaya.
Karena lahan yang akan dibuka sebagai jalan tersebut merupakan areal hutan lindung, maka masyarakat harus tahu bahwa itu hutan lindung sehingga tidak terjadi penyimpangan. "Nantinya pihak kehutanan juga melakukan pengawasan agar penggunaannya sesuai dengan ketentuan," ujar Siti Nurbaya.

Hutan Lindung tersebut akan dibuka sebagai jalan lintas Selatan menuju area relokasi korban erupsi Gunung Sinabung, selain jalan lintas Utara dari Desa Kati Nambun menuju Siosar. Panjang jalan tersebut sekitar 6,5 kilometer dan diperkirakan akan menelan biaya sebesar Rp. 11,5 miliar. Sementara luas lahan yang akan dijadikan tempat tinggal bagi pengungsi Sinabung sekitar 30 hektar dan daerah perladangan seluas 450 hektar. Jumlah pengungsi Sinabung yang akan direlokasi sebanyak 1.700 kepala keluarga (KK).
(FOTO : PUSHUMASKEMENHUT)

Keterangan foto:

Foto 1 : Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya didampingi Sesmen Lingkungan Hidup Rasio Ridho Sani (paling kiri) dan Sekjen Kemenhut Hadi Daryanto (kedua dari kiri) mendengarkan paparan Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho (kedua dari kanan) dan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara, Halen Purba (paling kanan) saat tiba di Bandara Kuala Namu Medan.

Foto 2-3 : Paparan rencana teknis pembukaan areal hutan untuk relokasi pengungsian korban erupsi Gunung Sinabung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya di Kantor Bupati Tanah Karo.

Foto 4 : Menteri LHK Siti Nurbaya secara simbolis menyerahkan bantuan kepada Plt. Bupati Tanah Karo Terkelin Brahmana berupa pohon alpukat, durian dan jambu sebanyak 3.000 batang.

Foto 5 : Menteri LHK Siti Nurbaya didampingi Gubernur Sumatera Utara Gatot Puji Nugroho (kanan) meninjau areal Hutan Lindung yang akan dijadikan jalan ke areal relokasi pengungsian korban erupsi Gunung Sinabung. Siti Nurbaya menekankan pentingnya masyarakat mengetahui fungsi kawasan Hutan Lindung agar konservasi tetap terpelihara.

Melayani hak anda untuk tahu