Menuju Indonesia sebagai Penghasil Madu Terbaik di Dunia

Tue, 26 January 2016

Biro Humas Kementerian LHK, Jakarta : Kementerian LHK bersama para stakeholder khususnya Asosiasi Perlebahan Indonesia (API) terus mengembangkan produksi perlebahan nasional. Berawal dari tahun 2016 ini Kementerian LHK bersama dengan Asosiasi Perlebahan Indonesia (API) akan memulai Roadmap pengembangan potensi perlebahan nasional menuju goal “Indonesia sebagai Penghasil Madu Terbaik di Dunia” di tahun 2020.

Sebagai langkah awal Roadmap, hari ini Selasa 26 Januari 2016 diadakan Rapat Kerja Asosiasi Perlebahan Indonesia (API), Selasa (26/1) di Ruang Sonokeling Gd. Manggala Wanabakti Jakarta yang dibuka oleh Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan, Hadi Daryanto. Rapat kerja ini akan difokuskan pada identifikasi dan pemetaan kekuatan perlebahan Indonesia, sehingga melalui kongres ini akan terbangun perencanaan yang baik berdasarkan basis data yang akurat tentang potensi kekuatan perlebahan Indonesia. 
Hal ini berguna untuk menentukan langkah-langkah strategis dan operasional pengembangan sektor perlebahan Indonesia, yang bertahap dan berkelanjutan. Dengan perencanaan tersebut diharapkan dapat mempercepat pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan sesuai kebijakan strategis nasional dan daerah, serta menjadi acuan bersama bagi pemerintah dan stakeholder dalam mengembangkan perlebahan Indonesia.

Madu sebagai salah satu hasil perlebahan yang paling utama, mendapat perhatian serius karena pasokan madu domestik terancam menyusut seiring perambahan hutan yang semakin meluas dan konversi lahan pertanian. Dengan laju perambahan dan konversi hutan yang semakin tinggi menyebabkan menurunnya jumlah tanaman pakan lebah madu. Ketersediaan tanaman pakan lebah madu inilah yang menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan usaha perlebahan. Perlu upaya bersama para stakeholder untuk bekerja secara sinergis membangkitkan sektor perlebahan Indonesia.

Penanggung jawab berita :
Kepala Biro Hubungan Masyarakat, KLHK, Novrizal, HP.0818432387

Informasi lebih mendalam dapat menghubungi :
Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan, KLHK, Hadi Daryanto 021-5720202

Keterangan Foto.

Foto 1 : Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan, Hadi Daryanto membuka Kongres sekaligus Rapat Kerja Asosiasi Perlebahan Indonesia (API) di Ruang Sonokeling Gd. Manggala Wanabakti Jakarta (26/1).

Foto 2 : Stakeholder sektor perlebahan Indonesia mendengar sambutan sekaligus arahan Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan, Hadi Daryanto pada Kongres sekaligus Rapat Kerja Asosiasi Perlebahan Indonesia (API)

Foto 3 : Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan, Hadi Daryanto bersama Direktur Utama Perum Perhutani, Mustoha selaku mitra BUMN Kementerian LHK pada pengembangan produksi madu nasional.

Melayani hak anda untuk tahu