Operasi Gabungan Pengendalian Karlahut Di Riau

Thu, 19 July 2018

Biro Humas Kementerian LHK, Jakarta, 8 Maret 2016. Update laporan pemadaman kebakaran hutan dan lahan oleh Manggala Agni Balai Besar KSDA KLHK Provinsi Riau pada hari Senin, 7 Maret 2016:

1. Daerah Operasi (Daops) Dumai
Senin, 7 Maret 2016 pukul 07:30 WIB, Pasukan Manggala Agni KLHK Dumai bersama TNI, Polri, Pemko Dumai, BPBD Kota Dumai dan instansi yang terkait bersama-sama melakukan sholat Istiqo dan briefing dari Pangdam di Tenda Posko Terpadu Penanganan Karlahut Kota Dumai di Bandara Medang Kampai, Dumai. Selanjutnya Manggala Agni KLHK Dumai melakukan pemadaman gabungan bersama BPBD Kota Dumai, TNI, Polri, Regdam Distanbunhut Kota Dumai di Jl. Datuk Maddan Kelurahan Tanjung Palas Kecamatan Dumai Timur.

Luas areal yang terbakar sekitar + 20 hektar dilakukan pemadaman dan dibantu dengan water bombing. Peninjauan langsung ke TKP dilaksanakan oleh Pangdam, Dandim, Gubernur Riau, Kapolda, Danrem, Walikota Dumai, Kapolres, Kapolsek, Kepala Distanbunhut, Kepala Daops Manggala Agni Dumai, Kepala BPBD Kota Dumai, Lurah, Camat dan instansi yang lain.

Manggala Agni KLHK Dumai yang berada di Pulau Rupat masih melanjutkan pemadaman bersama masyarakat setempat dan BPBD Rupat dengan titik koordinat N 01°47’16.2” E 101°43’05.0” Jl. Meranti Ujung Desa Sri Tanjung atau perbatasan dengan Desa Mesim. Pemadaman dibantu oleh masyarakat Dusun 03 Desa Sri Tanjung. Area terbakar adalah semak belukar dengan luas sekitar + 10 hektar.

Manggala Agni Dumai KLHK yang berada di Duri bersama Masyarakat Peduli Api, Polhut dan TNI melanjutkan pemadaman kembali di lahan masyarakat di Dusun Semandak Desa Tasik Serai Kecamatan Pinggir Bengkalis dengan luas yang terbakar sekitar + 5 hektar di luar kawasan. Api sudah dapat dikendalikan dan kegiatan moving up terus dilanjutkan dengan pemantauan paska kebakaran.

2. Daerah Operasi (Daops) Siak
Pemadaman lanjutan di Suaka Margasatwa Giam Siak lokasi Desa Bukit Kerikil Kecamatan Bukit Batu Bengkalis, bersama tim TNI, Polri dan masyarakat.
3. Penambahan personil di Desa Bukit Kerikil SM Giam Siak Kecil sebanyak 1 regu Manggala Agni KLHK Daops Siak dan 10 orang SPORC.
4. Penambahan 1 regu Manggala Agni KLHK dari Daops Pekanbaru untuk membantu pemadaman di Dumai, serta 10 orang SPORC.
5. Patroli terpadu dan terukur di 20 posko.

Penanggung jawab berita:
1. Kepala Biro Humas Kementerian LHK, Novrizal, HP. 0818432387
2. Kepala Balai Besar KSDA Provinsi Riau, Telp. 0761-63135

Melayani hak anda untuk tahu