Presiden Joko Widodo Hadiri Puncak Peringatan HMPI, BMN dan HCPSN 2015

Thu, 26 November 2015

Biro Humas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Banjarbaru : Presiden RI Joko Widodo didampingi Ibu Negara, Iriana Joko Widodo menghadiri Puncak Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) serta Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) tahun 2015, Kamis (26/11) di Tahura Sultan Adam, Kecamatan Karangintan, Banjar, Kalimantan Selatan. Tahura Sultan Adam dipilih sebagai lokasi peringatan karena Tahura ini menjadi salah satu wilayah kebakaran hutan yang cukup luas, sehingga membutuhkan rehabilitasi.

Tema peringatan ini adalah 'Ayo Kerja Tanam dan Pelihara Pohon'. Hal Ini sebagai upaya untuk mendorong komponen masyarakat membangun keanekaragaman hayati dan kondisi lingkungan hidup yang lebih baik. 

Dalam sambutannya Presiden menegaskan kembali komitmen pemerintah untuk mengurangi emisi karbon sebesar 29% pada tahun 2030. Presiden mengajak peran serta dari berbagai pihak untuk mencapai tujuan tersebut. Namun demikian Presiden Jokowi mengakui bahwa tahun ini merupa kan tahun terburuk bagi Indonesia sebagai penghasil gas karbon akibat kebakaran hutan. 

"Indonesia memiliki luas hutan terbesar, tetapi ironisnya kita penyumbang emisi karbon terbesar keenam di dunia, apalagi tahun ini yang terbesar akibat kebakaran hutan. Ini bukan prestasi, tetapi mengingatkan kita semua," ujar Jokowi

Keterangan Foto 

Foto 1,2,3 : Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara, Iriana Widodo serta Menteri LHK dan seluruh hadirin yang hadir dalam peringatan ini melakukan penanaman pohon di 2000 lubang tanam untuk menggenapi 8000 yang sudah ditanam oleh Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat dan Instansi kehutanan daerah pada tanggal 20-21 November 2015 yang lalu.

Foto 4: Menteri LHK, Siti Nurbaya memberikan selamat kepada para pemenang penghargaan penanaman pohon tahun 2015 kepada Rektor Perguruan Tinggi, Kelompok Tani/Koperasi dan Masyarakat Peduli penanaman pohon

Foto 5: Presiden Jokowi menyematkan Tanda Kehormatan Satya Lencana Pembangunan kepada para individu yang dianggap berjasa terhadap bidang lingkungan hidup dan kehutanan

Foto 6: Presiden Jokowi memberikan piala penghargaan kepada para Pemenang Lomba Penanaman Pohon Tahun 2014

Foto 7: Presiden Jokowi memberikan piala penghargaan kepada juara umum lomba Wanalestari Tingkat Nasional tahun 2015 yang diraih oleh Gubernur Jawa Timur, Soekarwo.

Foto 8: Presiden Jokowi didampingi Menteri LHK, Siti Nurbaya dan Pejabat Pelaksana Gubernur Kalsel menandatangani Sampul Hari Pertama Perangko Seri Puspa dan Satwa.

Foto 9: Presiden Jokowi memberikan arahan.


Melayani hak anda untuk tahu