Presiden Jokowi Resmikan Groundbreaking Proyek Kereta Cepat Dan Sentra Ekonomi Koridor Jakarta -Band

Thu, 21 January 2016

Biro Humas KemenLHK, Walini : Groundbreaking pembangunan jalur kereta cepat Jakarta-Bandung telah dilakukan oleh Presiden Jokowi, Kamis (21/1) di daerah Walini, tepatnya di Perkebunan Mandalawangi Maswati, Cikalong Wetan, Bandung Barat, Jawa Barat. Kegiatan konstruksi pembangunan jalan kereta cepat direncanakan berjalan pada rentang waktu tahun 2016 – akhir 2018 dan kegiatan operasional direncanakan dimulai tahun 2019.

Proyek pembangunan jalur kereta cepat Jakarta-Bandung ini telah dilakukan pembahasan AMDAL di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Penerbitan izin AMDAL berupa Surat keputusan Kelayakan Lingkungan Hidup (SKKL) dan Izin Lingkungan (IL), telah dilakukan sesuai dengan mekanisme, proses dan prosedur yang ditetapkan dalam peraturan perundangan.

Terkait dengan dikeluarkannya Izin Lingkungan Kegiatan Pembangunan Jalan Kereta Api Cepat Jakarta – Bandung, Menteri LHK, Siti Nurbaya menyatakan bahwa, "Tanggal 18 kemarin sudah dilakukan Rapat Tim Teknis Amdal, dan tanggal 19 Rapat Komisi Amdal dan kepada Saya sudah dilaporkan Izin Lingkungan dapat dikeluarkan". Selanjutnya Menteri LHK juga menambahkan bahwa, “Kita berikan waktu satu bulan agar masyarakat dapat menyampaikan masukan, sehingga prinsip tata kelola yang baik tetap dijalankan seiring dengan kebijakan pembangunan daerah”. Pembangunan Jalan Kereta Api Cepat Jakarta - Bandung juga akan menumbuhkan pusat-pusat ekonomibaru disepanjang jalur kereta cepat tersebut.

Keterangan Foto:

Foto 1 : Presiden Jokowi saat memberikan arahan dalam acara GROUNDBREAKING PROYEK KERETA CEPAT DAN SENTRA EKONOMI KORIDOR JAKARTA -BANDUNG

Foto 2 :  Peresmian oleh Presiden Jokowi dan pejabat terkait lainnya sebagai tanda dimulainya pembangunan proyek kereta cepat dan sentra ekonomi koridor Jakarta - Bandung.

Foto 3 :  Presiden Jokowi bersama sejumlah menteri kabinet kerja dan pejabat terkait lainnya meninjau maket peta jalur lintasan kereta cepat Jakarta - Bandung.

Foto 4 :  Maket peta jalur lintasan dan miniatur model kereta cepat Jakarta - Bandung.

.Foto 5&6 : Presiden Jokowi bersama sejumlah menteri kabinet kerja dan pejabat terkait lainnya meninjau miniatur model kereta cepat Jakarta - Bandung.

Foto 7 : Menteri LHK, Siti Nurbaya saat meninjau maket peta jalur lintasan kereta cepat Jakarta - Bandung.

Foto 8:  Menteri LHK, Siti Nurbaya saat memberikan keterangan pers kepada awak media.

Foto 9:  Presiden Jokowi ditemani sejumlah pejabat terkait lainnya usai penandatanganan prasasti PELETAKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNAN KERETA CEPAT JAKARTA - BANDUNG.

Melayani hak anda untuk tahu