Presiden Jokowi Resmikan Taman Nasional Gunung Tambora

Sat, 11 April 2015

Pushumas Kemenhut, Dompu : Presiden RI Joko Widodo meresmikan Taman Nasional Gunung Tambora pada acara puncak peringatan 200 tahun meletusnya Gunung Tambora dengan tema “Tambora Menyapa Dunia” , Sabtu (11/4) di Doro Ncanga, Dompu, Nusa Tenggara Barat. Kawasan Gunung Tambora yang sebelumnya berstatus cagar alam, suaka margasatwa dan taman buru ditetapkan sebagai Taman Nasional melalui SK.111/MenLHK-II/2015 tanggal 7 April 2015.

Presiden Jokowi dalam sambutannya mengatakan Festival Tambora sebaiknya digelar setiap tahun supaya bisa meningkatkan daya tarik wisatawan. “Saya ingin peringatan dua abad meletusnya Gunung Tambora ini agar dilaksanakan setiap tahun sebagai promosi pariwisata di Bima, Dompu, dalam bentuk Festival Tambora yang dibiayai oleh Pemerintah Pusat. Semua biar tahu dimana Dompu, dimana Bima, dimana NTB dan dimana Indonesia,” ujar Presiden Jokowi.

Selanjutnya Presiden Jokowi berpesan agar kawasan Taman Nasional Gunung Tambora sebagai aset agar dijaga dan dirawat supaya bisa lestari dan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar. “Saya minta agar ini dijaga dan dirawat jangan sampai ada yang rusak,” tutup Presiden Jokowi. Peresmian Taman Nasional Gunung Tambora ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi.



Keterangan Foto :

Foto 1 dan 5     : Presiden Jokowi beserta Ibu Negara Iriana Jokowi menghadiri acara Tambora Menyapa Dunia di Doro Ncanga, Dompu, NTB, Sabtu (11/4). Turut mendampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dan Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Foto 2     : Presiden Jokowi menandatangani prasasti sebagai tanda peresmian Taman Nasional Gunung Tambora, Sabtu (11/4).

Foto 3      : Presiden Jokowi memberikan sambutan pada peringatan 200 tahun meletusnya Gunung Tambora di acara Tambora Menyapa Dunia. Presiden Jokowi berpesan agar Taman Nasional Gunung Tambora dijaga dan dirawat agar lestari dan mendatangkan manfaat bagi masyarakat lokal.

Foto 4      : Presiden Jokowi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, dan Menteri Pariwisata Arief Yahya memukul lesung sebagai tanda pembukaan acara Dua Abad Tambora Menyapa Dunia di Doro Ncanga, Dompu, NTB, Sabtu (11/4).

Foto 6       : Prasasti peresmian Taman Nasional Gunung Tambora yang ditandatangani oleh Presiden RI Joko Widodo pada acara Tambora Menyapa Dunia di Doro Ncanga, Dompu, NTB, Sabtu (11/4).


Melayani hak anda untuk tahu