Singkarak Go Green

Sun, 25 November 2012

Pushumas Kemenhut, Jakarta : Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan didampingi Gubernur Sumatera Barat, Kasdam I Bukit Barisan, Danrem 032 Wirabraja Sumatera Barat, Bupati Solok, anggota TNI, dan masyarakat serta media menghadiri acara Singkarak Go Green dalam Rangka Mensukseskan Penanaman 1 Miliyar Pohon di Nagari Paninggahan Kab. Solok, Sumatera Barat, Minggu (25/12). Lokasi acara Singkarak Go Green terletak di tepi Danau Singkarak yang merupakan daerah tangkapan air.

Kegiatan Singkarak Go Green salah satunya adalah melakukan penghijauan di semua daerah kritis sekitar Danau pada areal seluas 18.000 ha sejak sebulan lalu yang melibatkan TNI bekerjasama dengan masyarakat setempat. Aksi nyata ini merupakan realisasi yang telah dicanangkan Menteri Kehutanan pada tanggal 1 November lalu di Kampus Universitas Andalas, Padang. Selain penanaman bersama masyarakat, Menteri Kehutanan juga menyerahkan sejumlah penghargaan kepada kabupaten, sekolah dan kelompok masyarakat yang berhasil melakukan kegiatan penghijauan, seperti dianugerahkan kepada Bupati Solok, Danrem, kampus terhijau, sekolah terhijau. Pada kesempatan tersebut juga Menhut juga menyerahkan KBR dan Bansos kepada beberapa kelompok tani di Kabupaten Solok serta menadatangani prasasti Singkarak Go Green.

Dalam Sambutannya Menhut menyampaikan keberhasilan gerakan penanaman pohon sejak tahun 2008, 2009, 2010 dan 2011. Jumlah yang ditanam setiap tahunnya melebihi jumlah yang ditargetkan seperti pada tahun 2011 ditargetkan 1 Miliyar pohon, ternyata jumlah yang ditanam mencapai 1,25 Miliar pohon. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat semakin sadar akan arti penting pohon untuk kehidupan. Untuk itu, Menhut terus menghimbau dan mengajak masyarakat untuk tidak henti-hentinya menanam pohon agar Indonesia dalam beberapa tahun kedepan hijau kembali seperti sedia kala. (FOTO PUSHUMAS /Daus/Daus/Arset/12)

Melayani hak anda untuk tahu