Tularkan Kemajuan Industri Hutan Tanaman Ke Luar Pulau Jawa

Mon, 07 April 2014

Pushumas Kemenhut, Kendal : Menteri Kehutanan RI Zulkifli Hasan berharap kemajuan teknologi industri kehutanan berbasis hutan tanaman ditularkan ke luar Pulau Jawa. Hal tersebut disampaikan Menhut dalam sambutannya dihadapan ratusan karyawan PT. Kayu Lapis Indonesia (PT. KLI) , Senin (7/04) di Desa Mororejo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah.

Menhut melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Tengah didampingi oleh Dirjen BUK Bambang Hendroyono, Dirjen BPDAS-PS Hilman Nugroho dan Plt. Dirjen PHKA Sonny Partono.

Sebagaimana diketahui, Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan lainnya sangat luas sehingga bila pengembangan hutan tanaman bisa maksimal maka hasilnya bagus bagi perekonomian. Menhut mengapresiasi dan mendukung apa yang telah dilakukan PT. KLI karena menyerap tenaga kerja di Kendal dan sekitarnya. Sumber bahan baku Sengon yang menjadi nafas industri berasal dari hutan tanaman ataupun hutan kemasyarakatan di Jawa Tengah dan sekitarnya. Tentu ini menjadi sebuah iklim usaha yang positif dan berkelanjutan di bidang kehutanan.

"Pada tahun 2013 tercatat produksi kayu olahan mencapai 50 juta meter kubik, sebanyak 80% berasal dari Pulau Jawa. Sebanyak 375 pabrik industri telah ada dan tumbuh pesat. Karenanya saya berharap apa yang telah dilakukan di Pulau Jawa dengan turut melibatkan peran serta masyarakat sebagai penyedia bahan baku dapat ditularkan dan menjadi contoh untuk saudara-saudara kita di luar Pulau Jawa" tutur Menhut.

Usai ramah tamah dengan jajaran manajemen dan karyawan PT. KLI, Menhut berkesempatan melakukan penanaman pohon Sarwo Kecik. (FOTOPUSHUMAS/andhika/andhika/arset))

Keterangan Foto :

Foto 1 & 2 : Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan sampaikan harapan agar kemajuan industri hutan tanaman ditularkan ke luar Pulau Jawa saat memberikan sambutan di hadapan ratusan karyawan PT. Kayu Lapis Indonesia di Kendal Provinsi Jawa Tengah, Senin (7/4)

Foto 3 : Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan secara simbolis menyerahkan bibit kepada perwakilan karyawan PT. Kayu Lapis Indonesia dan beberapa perwakilan kelompok tani hutan Kendal, Provinsi Jawa Tengah

Foto 4: Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menuliskan pesan dan kesan kepada PT. Kayu Lapis Indonesia di sebuah papan kayu, dihadapan (kanan-ke-kiri) Dirjen BUK Bambang Hendroyono, Plt. Dirjen PHKA Sonny Partono, dan Dirjen BPDAS-PS Hilman Nugroho serta jajaran direktur PT. KLI

Foto 5 : Menteri Kehutanan dalam kunjungan kerja ke PT. Kayu Lapis Indonesia berkesempatan menanam pohon Sarwo Kecik disaksikan (kanan-ke-kiri) Plt. Dirjen PHKA Sonny Partono, Dirjen BPDAS-PS Hilman Nugroho dan Dirjen BUK Bambang Hendroyono serta jajaran Direksi PT. KLI

Foto 6 : Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan melakukan wawancara dengan media saat melakukan kunjungan kerja ke PT. Kayu Lapis Indonesia di Kendal Provinsi Jawa Tengah, Senin (7/4)

Melayani hak anda untuk tahu