Gerakan 1 Pulau 1000 Lubang Biopori Oleh Pramuka Kawan Gaul Dalam Peringatan Hari Bumi 2016

Tue, 26 April 2016

Nomor : S. 307 /HUMAS/PP/HMS.3/4/2016

Jakarta, Kepulauan Seribu – Biro Humas, 25 April 2016, Pramuka Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mencanangkan Gerakan 1 Pulau 1000 Lubang Biopori untuk memperingati Hari Bumi 2016 di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Kegiatan ini mengkampanyekan gerakan ramah lingkungan kepada masyarakat Kepulauan Seribu melalui cara yang paling sederhana, paling mudah, dan paling murah, namun berefek besar bagi kelestarian lingkungan hidup. 

Aksi pembuatan Lubang Resapan Biopori ini dilakukan oleh anggota pramuka dari 2 Saka, yaitu Saka Kalpataru dan Wanabakti yang tergabung dalam program KAWAN GAUL (Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti Gerakan Aksi Untuk Lingkungan). Lubang-lubang biopori tersebut dibuat di sepanjang jalan dekat halaman rumah penduduk di pulau pemukiman, dimulai dari Pulau Pramuka. Lubang biopori tersebut akan berguna untuk memperbaiki kualitas air tanah di pulau pemukiman di kepulauan Seribu, selain itu juga dalam rangka membangun kesadaran budaya bagi masyarakat Kepulauan Seribu untuk peduli dan perbaikan lingkungan secara massif, terstruktur dan berkelanjutan.

Peringatan Hari Bumi oleh Pramuka Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti juga diharapkan dapat meningkatkan indeks perilaku ramah lingkungan yang dapat dilihat dari 6 indikator perilaku, yaitu: Konsumsi listrik, Pengelolaan sampah, Pemanfaatan air (hemat air bersih), Penggunaan bahan bakar, Emisi karbon, dan Perilaku hidup sehat. Oleh karena itu selain mencanangkan Gerakan 1 Pulau 1000 Lubang Biopori juga digelar kegiatan lainnya yang sejalan untuk membangun kesadaran perilaku ramah lingkungan, yaitu: lomba mewarnai poster 10 potensi unggulan sumber daya alam kepulauan seribu untuk paud oleh anak anak kepulauaan seribu, lomba simulasi bank sampah untuk siswa tingkat SD/MI, lomba upcycle sampah menjadi produk bernilai manfaat untuk siswa tingkat SMP/MTS, bazar sayuran sehat dan workshop keterampilan dasar urban farming untuk ibu-ibu rumah tangga penduduk kepulauaan seribu, dan bazar barang layak pakai dan produk recycle residu sampah rumah tangga untuk khalayak umum.

Kegiatan ini didukung oleh Pemerintah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, KPLH Kepulauan Seribu, Taman Nasional Kepulauan Seribu, Gerakan Pramuka Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Kementerian LHK (Pin Saka Kalpataru dan Wanabakti), SPKP Samo Samo, Komunitas Varibel Bebas dan CSR Perusahaan pada bidang lingkungan

Penanggung Jawab Berita :
Kepala Biro Hubungan Masyarakat, KLHK, Novrizal, HP.0818432387

Melayani hak anda untuk tahu