Kongres Kehutanan Indonesia VI Tahun 2016

Mon, 27 June 2016

Biro Humas KemenLHK, Jakarta : Dalam Rangka menyongsong Kongres Kehutanan Indonesia VI tahun 2016,  Presidium Dewan Kehutanan Nasional mengadakan konferensi pers, Senin (27/6) di Gedung Manggala Wanabakti Jakarta.

Tahun ini, Kongres Kehutanan Indonesia (KKI) ke-VI rencananya akan diselenggarakan pada 30 November – 2 Desember 2016, di Jakarta. Mengambil tema “Reposisi Kehutanan Indonesia Menuju Terlaksananya Tata Kelola Kehutanan yang Baik”. Rangkaian aktivitas menuju KKI ke-VI ini akan dilaksanakan di berbagai daerah atau regional, yaitu di regional: Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali dan Nusatenggara, Sulawesi, Maluku, Papua, serta side event yang akan dilaksanakan pada hari penyelenggaraan KKI VI nanti.

Seluruh pembahasan yang dilakukan di tingkat regional yang termasuk dalam rangkaian acara menuju KKI ke-VI ini, akan menjadi rekomendasi berguna. Adapun isu-isu yang di bahas dalam tingkat regional antara lain adalah: Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH), Optimalisasi Tata kelola & Gerakan Nasional Penyelamatan Sumber Daya Alam, Pemberdayaan dan Resolusi Konflik, Kebakaran Lahan dan Hutan, Restorasi Ekosistem dan Gambut, Bisnis Kehutanan dan SVLK, Masyarakat Adat, serta Perubahan Iklim (REDD+).

Beragamnya isu yang menjadi konsentrasi KKI VI kali ini, mengharapkan peran serta dari seluruh konstituen (stakeholder) kehutanan, pelaku industri bidang kehutanan baik swasta, pemerintah maupun Badan Usaha Milik Negara, para akademisi, NGO, asosiasi-asosiasi bidang kehutanan, organisasi sosial, badan dan lembaga bidang pertanian, pertanahan nasional, pertambangan, perdagangan, perindustrian, penegak hukum, anggota legislatif serta undangan lainnya yang terkait baik langsung maupun tidak langsung dengan seluruh isu yang menjadi pembahasan KKI tahun ini. 

Adapun pengkategorian peserta dilakukan oleh steering comitee (SC) KKI ke-VI. Kategori-kategori peserta antara lain adalah peserta utusan kamar, peserta biasa dan peninjau. Panitia KKI VI memperkirakan sedikitnya 700 orang peserta akan menghadiri kongres kali ini.


Keterangan Foto:

Foto 1-3 : Presidium Dewan Kehutanan Nasional pada konferensi pers menyongsong Kongres Kehutanan Indonesia VI tahun 2016. Kiri - kanan: Martin Kayoi, Agus Wahyudi, Rinekso, Agus Justianto, Diah Raharjo, Samidi, Imam Harmain, Sungging Septivianto. 

Foto 4 : Ketua Presidium Dewan Kehutanan Nasional, Agus Justianto.

Melayani hak anda untuk tahu