Menhut Buka Festival Sarongge

Sun, 30 June 2013

Pushumas Kemenhut, Cianjur : Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan bersama Wakil Bupati Cianjur Dr. H. Suranto, MM dan Wakil Duta Besar Selandia Baru Ian Brownlie membuka acara pesta rakyat dan lsquo Festival Sarongge dengan memukul kentongan bambu, Sabtu (29/6) di Kampung Sarongge, Desa Ciputri, Kecamatan Cianjur. Turut hadir bersama Menhut Plt. Dirjen PHKA Sony Partono dan jajaran Kemenhut serta muspida setempat . 
Dengan disambut tarian Lengser yang dibawakan oleh anak-anak Kampung Sarongge , Menhut bersama rombongan memasuki arena Acara Festival Sarongge yang akan berlangsung 29 Juni-1 Juli 2013.

Kawasan Sarongge merupakan desa penyanggah yang berada di daerah perbatasan dengan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). 

Sebelum membuka festival, Menhut mengajak tamu dan rombongan untuk menikmati indah dan nikmatnya berkeliling berjalan kaki ke desa wisata dengan menyusuri kebun teh serta berdialog dengan pekerja disekitar desa yang dilalui. Menhutpun menyempatkan diri mampir kesejumlah lokasi usaha masyarakat sarongge seperti usaha pembibitan tanaman stoberi, peternakan kambing serta ke perajin sutera rakyat dengan menengok proses pembuatan kain sutera. Usaha rakyat tersebut adalah hasil dari keberhasilan program Adopsi pohon yang sejak tahun 2008 dikerjakan oleh Green Radio bersama sama dengan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) .

Selesai berkeliling, Menhut menyempatkan mampir ke stand bazaar dilokasi festival yang menyuguhkan beberapa aneka makanan serta hasil seni dan geliat ekonomi masyarakat di kawawan desa Sarongge.

Menurut Menhut Wisata Alam Desa Sarongge telah bertransisi menjadi desa wisata, oleh karena itu saya sangat gembira dapat menghadiri Festival Sarongge 2013, dan Desa Sarongge akan menjadi salah satu alternatif sumber penghasilan utama untuk warga setempat. (arset). FOTOPUSHUMAS/arset

Melayani hak anda untuk tahu