Menhut Menanam Mangrove di Pulau Untung Jawa

Sat, 09 March 2013

Pushumas Kemenhut, Untung Jawa : Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengunjungi Pulau Untung Jawa, Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu, Sabtu (9/03). Dalam kunjungannya Menhut melakukan penanaman mangrove bersama Bupati Kepulauan Seribu Drs. Ahmad Lutfi,MM , anggota IOA, mahasiswa dan tamu undangan.

Sebelum melakukan penanaman Menhut menjelaskan akan pentingnya fungsi tanaman mangrove baik sebagai penahan angin kencang, pencegah abrasi maupun menahan tsunami, dalam kunjungan kali ini, Menhut juga memberikan Bantuan Langsung Masyarakat Pengembangan Perhutanan Masyarakat Pedesaan Berbasis Konservasi (BLM PPMPBK) kepada kelompok Lembaga Desa Konservasi LDK) dan dan Karang Taruna Kelurahan Pulau Untung Jawa.

Saat ini Pulau Untung Jawa sudah menjadi daerah tujuan wisata, dapat kita lihat banyaknya tempat-tempat peristirahatan di pantai, adanya sarana atraksi laut seperti banana boat, warung-warung makan serta sentra penjualan souvenir khas pulau untung jawa. Menhut berharap, meningkatnya perekonomian di pulau untung jawa hendaknya di imbangi dengan meningkat juga kualitas lingkunga di daerah tersebut. Sehingga akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan yang datang.

Menhut menyarankan pentingnya dukungan pemerintah daerah untuk bisa meningkatkan sumber daya manusia pengelola-pengelola kawasan wisata bagaimana mengelola kawasan wisata yang baik. Sehingga pariwisata di pulau untung jawa dapat berkembang dengan baik dan dan hutan mangrove yang ada tetap terjaga.

Dalam kunjunganya Menhut didampingi oleh Kepala Biro Umum, Ir Masyud,MM. Kepala Pusat Hubungan Masyarakat, Ir. Sumarto, MM . Direktur Bina Perbenihan Tanaman Hutan, Ir. Lamris Sitompul. Kepala Balai KSDA DKI Jakarta Ir. Awen Supranata. Kepala Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu, Ir. Dyah Murtiningsih, M.Hum. serta Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Citarum Ciliwung, Ir. R. Susanto, MP.
(FOTOPUSHUMAS/galrama/habibi/arset)

Melayani hak anda untuk tahu