MENTERI LHK KAWAL PERHUTANAN SOSIAL DARI HULU KE HILIR

Sat, 03 December 2016

Cimahi, Biro Humas Kementerian LHK, Sabtu, 3 Desember 2016. Berbaju kasual, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya langsung melepas senyum pada masyarakat yang menunggunya, Sabtu (3/12/2016) malam di Kafe Cenghar Kopi, kota Cimahi.

Sebuah rumah yang disulap menjadi tempat nongkrong, dengan iringan musik jazz modern, menyambut Menteri yang akrab disapa Siti itu. Ia datang khusus menghadiri launching kafe yang menjadi salah satu gerai Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) Mart. Ini salah satu program kerja KLHK.

"Mungkin pada heran, ngapain seorang Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan malam minggu di kota Cimahi? Saya memang khusus untuk ngelayab kesini," kata Siti saat memberi sambutan. Gelak tawa seketika terdengar dari warga yang hadir.

Ia menjelaskan bahwa salah satu arahan Presiden Joko Widodo adalah mensejahterakan masyarakat, mengurangi kesenjangan ekonomi. Program nyatanya di Kementerian LHK diwujudkan dalam bentuk perhutanan sosial dan kemitraan lingkungan.

"Saya sudah turun ke daerah-daerah, dan kopi bisa tumbuh bersama pohon pelindung seperti sengon," jelas Siti.

Dikatakannya, program Perhutanan Sosial adalah solusi di sektor hulu kehutanan. Dengan membuka akses pengelolaan hutan pada masyarakat, kini sumber daya alam bisa dimanfaatkan secara berkeadilan. Masyarakat sekitar hutan dapat mengelola atau memberdayakan kawasan tersebut untuk menanam tanaman bernilai ekonomi tanpa merusak tegakkan pepohonan.

Berita selengkapnya

Melayani hak anda untuk tahu