Satgas Karhutla Berjuang Padamkan Api di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

Fri, 03 November 2017

Manggala Agni Daops Tinanggea, Petugas Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (TNRAW), dan Polres Tinanggea harus berjuang selama ± 2 jam untuk padamkan api seluas ± 21 Ha di kawasan TNRAW. Berdasarkan pantauan di lapangan jenis vegetasi yang terbakar didominasi oleh alang-alang, semak belukar, dan pepohonan tepi hutan. Kawasan ini sebelumnya juga pernah terbakar pada Selasa (31/10/2017).

Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, KLHK, Raffles B. Panjaitan mengungkapkan Wilayah Indonesia Timur di dominasi oleh lahan mineral sehingga kebakaran yang terjadi merupakan kebakaran permukaan yang bila bahan terbakar habis api akan padam. Namun demikian, Mangggala Agni bersama dengan TNI, dan Polri akan selalu siaga terhadap kebakaran yang terjadi serta menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama mencegah karhutla.

“Manggala Agni terus bersiap siaga melakukan pemadaman bekerjasama dengan TNI, Polri, pemerintah daerah dan masyarakat untuk menanggulangi kebakaran yang masih beberapa kali terjadi di wilayah-wilayah rawan karhutla," imbuh Raffles. 

Berita selengkapnya klik di sini

Melayani hak anda untuk tahu