Menteri LHK Hadiri Konferensi dan Seminar Nasional Pusat Studi Lingkungan

Thu, 20 November 2014

Pushumas Kemenhut, Surabaya : Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menghadiri Konferensi dan Seminar Nasional Badan Kerjasama Pusat Studi Lingkungan (BKPSL) se-Indonesia, Kamis (20/11) di Hotel Garden Palace Surabaya. Konferensi dan Seminar Nasional tersebut diikuti oleh PSL dari perguruan tinggi seluruh Indonesia, akademisi, Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah, organisasi penggiat lingkungan hidup, praktisi dan professional di bidang lingkungan hidup, serta pelaku usaha.

Dalam sambutannya Menteri LHK berharap BKPSL dapat memberikan masukan dan pertimbangan dalam bingkai akademis dan praktis kepada Pemerintah maupun berperan serta secara aktif dalam setiap aktivitas dalam tatanan operasional guna menjamin keseimbangan lingkungan hidup dan mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Dengan kemampuan akademik yang tinggi serta pendekatan teknologi, maka diharapkan kualitas lingkungan hidup terkini memberikan trend perkembangan yang lebih baik.

Lebih lanjut Menteri LHK menyampaikan beberapa tantangan yang dihadapi antara lain: (1) tantangan mewujudkan ketahanan lingkungan, konservasi dan preservasi kawasan lindung, pengendalian pencemaran lingkungan, mitigasi terhadap perubahan iklim, perlindungan ekosistem pesisir, serta (2) tantangan upaya mewujudkan pengurangan ketergantungan pada Bahan Bakar Minyak (BBM) yang berasal dari fosil dan peningkatan konsumsinya yang berdampak pada peningkatan emisi CO2 yang tidak terkendali, serta konflik kepentingan pengelolaan sumberdaya alam.

Melayani hak anda untuk tahu