Menteri Siti Nurbaya Ajak Masyarakat dalam Gerakan “Tiga Bulan Bersih Sampah”

Fri, 19 January 2018

Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jum’at, 19 Januari 2018. Sebagai rangkaian Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN)  Tahun 2018 yang diperingati setiap tanggal 21 Februari, diaktualisasikan kerja bersama dalam agenda “Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS)” yang dilaksanakan di seluruh Indonesia, antara Pemerintah, Pemerintah, Pemerinta Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota bersama-sama dengan masyarakat membangun gerakan aksi bersih sampah dan lingkungan. HPSN tahun ini mengangkat tema “Sayangi Bumi, Bersihkan dari Sampah”.

“Tahun 2018 kita fokuskan pada internalisasi dan pelaksanaan 3 bulan bersih sampah. Design-nya adalah mengajak bersosialisasi masyarakat, anak sekolah, kantor dan semua elemen yang nanti larinya ke green leadership”, ucap Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya saat memberikan keterangan pers pada Jum’at siang di Jakarta. (19/01/2018).

Agenda TBBS akan berlangsung mulai tanggal 21 Januari hingga 21 April 2018. Agenda ini menjadi jalan pemenuhan tujuan pembangunan pengelolaan sampah sebagaimana target yang telah ditetapkan dalam Peraturan Presiden No 97 tahun 2017 tentang Kebijakan Strategis Nasional Pengelolaan Sampah yaitu pada tahun 2025 terdapat pengurangan timbulan sampah 30% atau 20,9 juta ton serta penanganan sampah mencapai 70% atau 49,9 juta ton.

Berdasarkan catatan, dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, partisipasi masyarakat seperti kerja civil society, aktivis dan komunitas terkait sampah atau dalam kaitannya dengan sampah, kebersihan serta kesehatan lingkungan, sangat menggembirakan dan bercirikan peningkatan yang semakin positif.

Berita selengkapnya klik disini

Melayani hak anda untuk tahu