Negara Duo Congo Belajar Tata Kelola Gambut dari Indonesia

Sat, 24 March 2018

Menteri LHK Siti Nurbaya melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Lingkungan Hidup Republik Demokratik Congo, Amy Ambatobe Nyongolo. Ini merupakan lanjutan dari pertemuan Mitra Kerja Global Peatland Initiative (GPI) ke 3 di Brazzaville, Republik Kongo.

Dari pertemuan GPI disepakati upaya menyelamatkan bersama gambut Congo Basin untuk dunia. Congo basin meliputi tiga negara yang memiliki lahan gambut terluas kedua di dunia. 

Tiga negara dimaksud adalah Republik Congo, Republik Demokratik Congo dan Gabon. Selain Indonesia dan duo Congo, negara dengan luas gambut terbesar lainnya di dunia adalah Peru.

Selain Menteri LH Republik Demokratik Congo, direncanakan Menteri Lingkungan Hidup Republik Congo Arlette Soudan-Nonau juga akan ke Indonesia untuk belajar tata kelola gambut. Indonesia akan memimpin south-south cooperation (kerjasama selatan-selatan) menangani gambut Congo Basin untuk dunia.

Jika dulu gambut kita dikenal sangat rawan terbakar, sekarang tata kelola gambut Indonesia justru menjadi pembelajaran penting untuk dunia. 

Berita selengkapnya disini

Melayani hak anda untuk tahu