Sanctuary Suaka Marga Satwa Barumun Harapan Baru Penyelamatan Satwa Langka Indonesia

Thu, 24 November 2016

Hari Rabu (23 November 2016), sebuah usaha menyelamatkan satwa liar di wilayah Sumatera Utara dikukuhkan dengan hadirnya Sanctuary Harimau Sumatera dan KPHK Barumun. Barumun, sebuah wilayah di Kota Padang Sidempuan, Tapanuli Selatan, lebih tepatnya lagi di Kabupaten Padang Lawas Utara, menjadi kawasan penting bagi penyelamatan satwa. Bambang Hendroyono Sekretaris Jendral KLHK menyatakan kegembiraannya dengan mengatakan, " Harimau Sumatera ini peranannya sangat penting dalam ekosistem hutan, keberadaannya di suatu wilayah menjadi indikator baik atau buruknya keadaan hutan di wilayah tersebut".

Hadirnya Sanctuary dan KPHK Barumun menjadi sebuah bukti bahwa kawasan konservasi menjadi benteng terakhir untuk pengawetan keragaman hayati dan perlindungan sistem penyangga kehidupan.
Kepala Balai Besar KSDAE Sumatera Utara, Romauli Sianturi mengatakan, " Hadirnya sanctuary ini merupakan sebuah kerja nyata dari adanya upaya untuk mewujudkan pengelolaan keanekaragaman hayati, dalam hal ini Harimau Sumatera". Romauli juga mengatakan bahwa pembuatan sanctuary ini merupakan sebuah upaya bersama antara KLHK dengan para pihak. Dia juga mengatakan, tingginya potensi keanekaragaman hayati dan banyaknya pihak yang berkepentingan terhadap kawasan ini, membutuhkan pendekatan strategis dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada, serta bersinergi dengan seluruh program perlindungan, pengawetan dan pemanfaatan yang lestari dari potensi kawasan.

Berita selengkapnya

Melayani hak anda untuk tahu