Aksi Bersih Sampah dari Pantai hingga ke Gunung

Sat, 24 February 2018

Mendukung Gerakan Tiga Bulan Bersih Sampah, masyarakat bersama sejumlah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam (KSDAE), melakukan aksi bersih sampah beberapa waktu lalu. Sebagaimana aksi bersih sampah yang dilakukan para para komunitas dan pelajar, bersama Balai Taman Nasional (TN) Taka Bonerate, di sekitar pantai Kepulauan Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan.

“Setiap tahun kondisi pantai bagian barat Kepulauan Selayar tepatnya saat musim angin barat, berserakan sampah laut antara lain berupa plastik, sterofom maupun kayu. Hal ini berlangsung selama beberapa bulan, sampah tersebut menumpuk di sepanjang bibir pantai bagian barat pulau”, tutur Jusman, Kepala Balai TN Taka Bonerate. 

Begitu pula halnya dengan Aksi Ngosek Gunung yang dilakukan Balai TN Gunung Merbabu dan para kelompok pecinta alam. Dalam kegiatan ini dilakukan pemungutan sampah dan pembenahan jalur pendakian di kawasan TN. Dari aksi tersebut, sebanyak 1.32 kwintal sampah terkumpul, yang terdiri dari sampah plastik, kaleng, puntung rokok, karet dan sterofoam.

“Kegiatan ini memanfaatkan waktu penutupan jalur pendakian Gunung Merbabu yang dimulai tanggal 1 sampai 28 Februari 2018 mendatang. Penutupan jalur pendakian ditujukan untuk pemulihan ekosistem kawasan TN Gunung Merbabu”, jelas Edy Sutiyarto, Kepala Balai TN Gunung Merbabu.

Berita selengkapnya disini

Melayani hak anda untuk tahu