Antisipasi Karhutla, Manggala Agni Segera Padamkan Sebelum Meluas

Fri, 22 June 2018

Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jumat, 22 Juni 2018. Pemadaman awal terhadap beberapa kejadian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terus dilakukan oleh Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK, Manggala Agni. Langkah ini dilakukan Manggala Agni sebagai salah satu bentuk antisipasi pencegahan sekaligus wujud kesiapsiagaan menanggulangi karhutla menjelang musim kemarau. Selain dengan pemadaman awal, berbagai upaya lain juga dilakukan separti patroli di wilayah-wilayah rawan dan juga sosialisasi kepada masyarakat. 

Sebagaimana dilakukan oleh Manggala Agni Daops Sintang, Kalimantan Barat. Pemadaman dilakukan di wilayah Kelurahan Rawa Mambok, Kecamatan Sintang, Kota Sintang bersama-sama dengan personil TNI, POLRI, dan juga masyarakat. Kebakaran seluas ± 2 ha dapat dipadamkan hingga malam hari (21/06/2018). Keesokannya dilanjutkan dengan mopping up (pendinginan) untuk memastikan bara api hingga benar-benar padam. 

Pemadaman juga dilakukan oleh Daops Bukit Tempurung, Provinsi Jambi. Berdasarkan laporan dari Masyarakat Peduli Api (MPA), bahwa terjadi kebakaran lahan di Desa Lubuk Bernai, Kecamatan Batang Asam, Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Manggala Agni bersama-sama dengan personil perusahaan, MPA, dan perangkat Desa Lubuk Bernai segera melakukan pemadaman di lokasi yang berbatasan dengan perusahaan konsesi kehutanan itu. Luas terbakar dilaporkan ± 4 ha. Hingga pagi hari ini terus diupayakan pemadaman.

Berita selengkapnya disini

Melayani hak anda untuk tahu