Belajar Hidup di Alam, Bayi Orangutan Ikut Sekolah

Fri, 25 May 2018

Kini satwa orangutan pun dapat merasakan sekolah seperti manusia, bedanya pendidikan di sekolah ini bukan untuk belajar membaca dan menulis, melainkan diperuntukkan bagi para bayi orangutan yang belajar hidup bebas di alam.

Adalah Orangutan Forest School atau Sekolah Hutan untuk Orangutan, yang didirikan oleh Badan Litbang dan Inovasi (BLI) KLHK bersama Yayasan Jejak Pulang di KM 6 dan KM 7 Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Samboja. Sekolah ini merupakan tempat pendidikan dan rehabilitasi bagi individu orangutan secara langsung di alam. Disini, orangutan diajarkan cara mengenali pakannya, bagaimana memperoleh pakan, kemampuan memanjat, membuat sarang, serta mengenali berbagai bahaya. 

"Fasilitas ini merupakan langkah maju penuh optimis dalam jejaring kerjasama Balitek KSDA, Balai KSDA Kalimantan Timur dan Yayasan Jejak Pulang untuk Program Pusat Penelitian Orangtuan/Orangutan Research Centre (ORC) di KHDTK Semboja. Sebuah wahana yang bukan hanya sangat bermakna untuk konservasi orangutan, akan tetapi juga sebuah kesempatan besar untuk menghasilkan peneliti Indonesia yang ahli di bidang konservasi orangutan," kata Ahmad Gadang Pamungkas Kepala Balitek KSDA Samboja.

Berita selengkapnya disini

Melayani hak anda untuk tahu