Indonesia – Korsel Perkuat Kerjasama Bidang Kehutanan

Tue, 28 June 2016

Biro Humas KLHK, Jakarta :  Duta Besar Republik Korea Taiyoung Cho mengunjungi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya ,Selasa (28/06) di ruang kerja Menteri LHK Gedung Manggala Wanabakti Jakarta.  Pertemuan di ruang kerja Menteri LHK tersebut membahas Agreement on the Establishment of the Asian Forest Cooperation Organization (AFoCO) guna mengurangi degradasi dan deforestasi serta pengelolaan hutan secara lestari.

AFoCO merupakan perjanjian/komitmen dari negara-negara di Asia untuk meningkatkan kerjasama kehutanan di tingkat regional dalam suatu aksi nyata guna mengurangi degradasi dan deforestasi, mengelola hutan secara lestari dan menghadapi dampak perubahan iklim. Dubes Korea Taiyoung Cho menyampaikan, Indonesia dipandang sebagai mitra utama di ASEAN oleh Republik Korea dan diharapkan segera melakukan penandatanganan naskah perjanjian AFoCO pada acara ASEAN-Republic of Korea Commemorative Summit yang akan diselenggarakan pada tanggal 1-2 Agustus 2016 di Jeju Island, Korea. Saat ini negara yang telah menandatangani perjanjian AFoCO adalah Republik Korea pada bulan Desember 2015, Timor Leste pada 22 Juni 2016, serta dalam waktu dekat akan dilakukan penandatanganan naskah perjanjian oleh Vietnam dan Bhutan.

Menteri LHK Siti Nurbaya menyambut baik kerjasama di bidang kehutanan yang diinisiasi oleh Republik Korea tersebut dengan komitmen yang tinggi dari Indonesia terhadap kebijakan Perhutanan Sosial, disamping itu juga REDD+ dan perubahan iklim. Lebih lanjut Menteri Siti Nurbaya mengharapkan dukungan dari Korea Selatan khususnya dalam capacity building pada pengelolaan kehutanan di Indonesia serta pengendalian perubahan iklim.


Melayani hak anda untuk tahu