Indonesia Sampaikan Strategi Tangani Kebakaran Hutan dan Lahan pada Forum GPI

Sat, 24 March 2018

Indonesia sampaikan keberhasilan penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada anggota Global Peatland Initiatives (GPI) ke-3 di Brazzaville, Republik Kongo, Jumat waktu setempat (23/3/2018).

Turut hadir mendampingi Menteri LHK, Siti Nurbaya, sebagai pembicara kunci pertemuan tersebut, Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK, Raffles B. Panjaitan, menyampaikan bahwa kejadian karhutla yang besar di Indonesia pada tahun 2015, telah menjadi pembelajaran yang sangat berharga bagi penanganan karhutla di Indonesia.

"Pasca kejadian karhutla 2015, adanya perubahan paradigma kebijakan pemerintah Indonesia dalam penanganan karhutla", ujar Raffles. Dijelaskannya bahwa sebelumnya penanganan karhutla lebih fokus pada saat fase krisis, namun setelah 2015 bergeser pada saat fase sebelum krisis, melalui aksi pencegahan dan penanganan dini.

Pemerintah Indonesia merespon melalui kebijakan-kebijakan untuk mengontrol sangat ketat dan menyeluruh guna meminimalkan terjadinya karhutla. Kemudian dilakukannya aksi nyata pencegahan di lapangan yang sangat efektif dan penegakan hukum yang tegas.

Berita selengkapnya disini

Melayani hak anda untuk tahu