Jaring Aspirasi LSM Rumuskan Struktur Organisasi Kementerian

Wed, 05 November 2014

Pushumas Kemenhut, Jakarta : Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabinet Kerja 2014-2019, Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc meminta pandangan dari LSM-LSM terkait peleburan antara Kementerian Kehutanan dan Kementerian Lingkungan Hidup , pada pertemuan yang dihadiri LSM , Greenpeace Indonesia, Walhi, KIARA, HUMA, AMAN, Forest Watch Indonesia, Rabu (5/11) di ruang rapat utama lantai 4 Blok I, Gedung Pusat Kehutanan Manggala Wanabakti. Menteri LH dan K memandang perlu dijaringnya aspirasi dari pihak luar birokrasi kementeriannya agar didapatkan sebuah referensi dan kombinasi pengetahuan yang holistik terkait peleburan tersebut. Pertemuan dihadiri Sekjen Kementerian Kehutanan dan Sekmen Kementerian LH serta beberapa perjabat Eselon I dan II dari kedua kementerian.

Dalam pertemuan dimaksud para perwakilan LSM menyampaikan beberpa isu-isu strategis yang sedang menjadi fokus advokasi mereka dengan harapan dapat menjadi pertimbangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam merumuskan struktur baru organisasi kementeriannya sehingga dapat bekerja efektif dan efisien menghadapi berbagai permasalahan sektor lingkungan hidup dan kehutanan. 

Pada pertemuan tersebut Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyampaikan konsep pemikirannya terkait penyatuan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, yaitu berupa delapan koridor: (1). Sustainable development, (2). Kelestarian dan perlindungan alam, (3). Rehabilitasi dan reklamasi, (4). Produksi dan pengendalian dampak (Sumber Daya Alam dikelola untuk kesejahteraan rakyat, konsep perijinan sebagai instrumen pengendalian bukan transaksional), (5). Pemberdayaan masyarakat (public campaign), (6). SDM dan penyuluhan, (7). Litbang inovasi dan solusi, (8). Peralatan dan Perlengkapan. 
(FOTO PUSHUMASKEMENHUT)

Keterangan Foto : 

Foto 1 : Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersalaman dengan para perwakilan LSM 

Foto 2 dan 3 : Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan didampingi Koordinator LSM, Sekjen Kementerian Kehutanan dan Sekmen Kementerian Lingkungan Hidup mendengar aspirasi perwakilan LSM terkait peleburan Kementerian Kehutanan dan Kementerian Lingkungan Hidup.

Foto 4 : Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan menanggapi aspirasi dari perwakilan LSM.

Foto 5 : Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan menerima buku dari Greenpeace Indonesia sebagai kenang-kenangan dana bahan pertimbangan kelak menetukan kebijakan dalam sektor kehutanan dan lingkungan hidup.

Foto 6 : Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan keterangan pers setelah berakhirnya acara pertemuan dengan LSM.

Melayani hak anda untuk tahu