Kebakaran Hutan di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai Berhasil Dipadamkan Dalam Waktu Singkat

Wed, 01 November 2017

Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Rabu, 1 November 2017. Kebakaran hutan di wilayah Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (TNRAW) Sulawesi Tenggara berhasil dipadamkan Manggala Agni. Pemadaman di wilayah TNRAW dibantu oleh petugas taman nasional dengan mengerahkan 3 unit kendaraan taktis roda empat, 3 unit kendaraan roda dua, gapyok dan jetshooter. Pemadaman pada lahan yang didominasi semak belukar, savana dan pepohonan seluas ± 12,9 Ha ini berhasil dipadamkan setelah ±2 jam.

Sementara itu, di Sumatera Utara Manggala Agni Daops Labuhan Batu melakukan pemadaman di Kabupaten Padanglawas Utara. Kebakaran yang terjadi di lahan adat ini didominasi oleh kayu dan ilalang seluas ± 10 Ha. Kebakaran permukaan yang terjadi di tanah mineral dengan topografi berbukit ini sedikit menyulitkan untuk melakukan pemadaman.

Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, KLHK, Raffles B. Panjaitan mengungkapkan bahwa beberapa kejadian kebakaran hutan dan lahan yang sempat terjadi di beberapa wilayah dapat ditangani oleh Manggala Agni bersama para pihak. Meskipun kondisi cuaca sudah beranjak ke musim hujan dan status siaga bencana asap sudah di cabut, Manggala Agni akan terus bersiaga menimalkan potensi karhutla.

Berita selengkapnya klik disini

Melayani hak anda untuk tahu