Kemenhut Konsisten Lakukan Konservasi Alam

Mon, 07 April 2014

Pushumas Kemenhut, Karanganyar : Dalam Kunjungan kerjanya di Karanganyar Menteri Kehutanan RI Zulkifli Hasan didampingi oleh Dirjen BUK Bambang Hendroyono, Dirjen BPDASPS Hilman Nugroho, Dirjen PHKA (Plt) Sony Partono dan para pejabat lingkup Kementerian Kehutanan melakukan Temu Kader Konservasi Alam, Senin, (7/04) di Taman Wisata Alam Grojogan Sewu – Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah.

Di hadapan kader konservasi, pecinta alam dan masyarakat sekitar Menhut memberikan apresiasi kepada Bupati Karanganyar, Juliyatmono yang sudah melakukan upaya serius dalam melakukan konservasi alam di wilayah Karanganyar.

Upaya konservasi alam yang dilakukan Kementerian Kehutanan melalui UPT di daerah salah satunya yaitu melakukan pembinaan cinta alam kepada masyarakat baik di pedesaan sekitar kawasan maupun perkotaan. Hal tersebut diharapkan mampu untuk membentuk kader-kader konservasi dan kelompok-kelompok pecinta alam. Keberadaan Kader Konservasi dan Kelompok Pecinta Alam ini sangat membantu dalam upaya konservasi alam baik melalui kegiatan yang sifatnya edukatif maupun melalui kampanye cinta alam dan lingkungan di daerahnya masing-masing.

Tercatat, jumlah Kader Konservasi seluruh Indonesia lebih kurang sebanyak 42.640 orang. Di wilayah BKSA Jawa Tengah Kader Konservasi tercatat sebanyak 1.521 orang, dan kelompok pecinta alam lebih kurang 161 kelompok.

Dalam acara tersebut Menhut secara simbolis menyerahkan bantuan Kebun Bibit Rakyat (KBR) kepada 10 Kelompok KBR dan bantuan lain kepada Persatuan Pedagang Bina Wisata Grojogan Sewu, Forum Peduli Lingkungan Hidup Wana Lawu Lestari, Paguyuban Turonggo Karya (Asosiasi Jasa Penunggang Kuda) dan Forum PKL Kecamatan Tawangmangu. (FOTOPUSHUMAS/supri/ijan/arset)

Lihat Video

Keterangan Foto :

Foto 1 : Menhut Zulkifli Hasan memberikan sambutan dalam acara Temu Kader Konservasi Alam di Grojogan Sewu Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Foto 2 : Menhut secara simbolis memberikan bantuan KBR kepada kelompok KBR, para pelaku usaha dan kelompok masyarakat peduli lingkungan.

Foto 3 : Menhut dan Bupati Karanganyar menunggang kuda didampingi oleh penyedia jasa penunggang kuda Grojogan Sewu.

Foto 4 : Keberadaan primata monyet ekor panjang (macaca Fascicularis) di dalam area grojogan sewu menjadi salah satu daya tarik pengunjung wisata.

Melayani hak anda untuk tahu