KLHK Lengkapi Koleksi Arboretum Dengan Bunga Kibut

Thu, 15 March 2018

Sebagai refleksi komitmen upaya melestarikan keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa Indonesia, Menteri LHK, Siti Nurbaya, melakukan penanaman Bunga Kibut (Amorphophallus titanum) di Arboretum Ir. Lukito Daryadi, MSc. Gedung Manggala Wanabhakti, Jakarta (15/03/2018). Disampaikan Siti Nurbaya, penananam ini menjadi lebih penting lagi, mengingat tantangan cukup berat saat ini, dengan masih menguatnya tekanan dan ancaman yang menyebabkan terjadinya degradasi.

“Bunga Kibut dan berbagai jenis tumbuhan dan satwa liar lainnya, merupakan Sumber Daya Genetik Indonesia yang sangat penting, karena mempunyai nilai potensial untuk dikembangkan pemanfaatannya di masa mendatang. Oleh sebab itu sumber daya genetik tersebut harus kita jaga keaslian dan kemurniannya, sebagai salah satu modal dasar pembangunan nasional", tutur Siti Nurbaya.

Dengan demikian, Siti Nurbaya mengharapkan agar upaya konservasi tumbuhan dan satwa baik secara in situ maupun ek situ, harus menjadi komitmen bersama seluruh pihak, sebagaimana KLHK yang telah membangun Arboretum Ir. Lukito Daryadi, MSc, sebagai salah satu upaya konservasi eksitu jenis-jenis tumbuhan dari berbagai wilayah. 

Berita selengkapnya disini

Melayani hak anda untuk tahu