KLHK Serukan Pentingnya Pembangunan Berwawasan Lingkungan untuk Rakyat

Sat, 05 August 2017

Menutup Pekan Nasional Perubahan Iklim (PNPI), dan Rapat Kerja Nasional Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Rakernas LHK) Tahun 2017, di Jakarta (04/08/2017), Menteri LHK Siti Nurbaya menyampaikan, pentingnya implementasi pembangunan berwawasan lingkungan untuk peningkatan kesejahteraan rakyat.

 

Sebagaimana arahan Presiden RI. Joko Widodo pada saat pembukaan PNPI dan Rakernas LHK, Selasa lalu (02/08/2017), menurut Siti Nurbaya, dalam melakukan terobosan kebijakan dasar sektor LHK, perlu mengacu pada prinsip-prinsip dasar sebagai berikut :

1.    Melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia (melindungi masyarakat pinggiran, melindungi wilayah dan habitat, dan kekayaan alam);

2.    Mencerdaskan kehidupan bangsa (alam sebagai wahana pendididikan, dan secara cerdas mengelola alam yang kita pinjam dari generasi mendatang, prinsip keberlanjutan);

3.    Memajukan kesejahteraan umum (lingkungan sumberdaya alam sebagai sumber ekonomi, menopang pertumbuhan wilayah, prinsip keseimbangan);

4.    Ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan perdamaian abadi, menyelaraskan alam kita dengan alam dari perspektif internasional, dengan prinsip saling menghormati kedaulatan.


“Tindak lanjut harus dilakukan dengan  pembahasan lebih fokus untuk sampai pada rencana besar, skenario besar pembangunan LHK. Lakukan langkah-langkah kerja secara logis (sequential)”, ujar Siti Nurbaya.


Dalam tema atau rencana besar ini, disampaikan Siti Nurbaya, harus meliputi tata kelola lingkungan dan hutan, orientasi berimbang antara ekonomi dan pelestarian lingkungan, serta konfigurasi bisnis hulu hilir berbasis rakyat, dan ekonomi berkeadilan berbasis sumberdaya lahan, salah satunya melalui Perhutanan Sosial.


Berita selengkapnya klik disini

Melayani hak anda untuk tahu