KLHK Tingkatkan Kapasitas Pengendalian Karhutla Masyarakat

Thu, 22 February 2018

KLHK kembali membentuk Masyarakat Peduli Api (MPA) di wilayah kerja Manggala Agni Daops Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat. Selaras dengan Arahan Presiden RI pada Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Istana Negara tanggal 6 Februari 2018 lalu, pembentukan MPA ini bertujuan untuk meningkatkan peran dan keterlibatan masyarakat dalam pengendalian karhutla.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 21-22 Februari 2018 yang terbagi menjadi dua lokasi di Kecamatan Rasau Jaya. Lokasi pertama pembentukan dan pelatihan kelompok MPA dilakukan di Desa Rasau Jaya III dengan peserta berasal dari Desa Rasau Jaya III dan Rasau Jaya I. Sedangkan lokasi kedua di Desa Bintang Mas dengan peserta berasal dari Desa Pematang Tujuh dan Bintang Mas 2.

“Pembentukan kelompok MPA diawali dengan pembekalan teknis yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, dengan menitikberatkan pada penguatan kelembagaan MPA, komitmen dan pengenalan sarana prasarana dalkarhutla sederhana serta upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim,” ujar Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK, Raffles B. Panjaitan dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Seksi MPA, Dendy Wisnuhamidaharisakti

Berita selengkapnya disini

Melayani hak anda untuk tahu