Kunjungan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutananke Norwegia “Mempercepat Kemitraan Indonesia-Norwegia di Bidang Iklim dan Hutan” Oslo, 3-5 September 2015

Sun, 06 September 2015

Nomor : S. 570 /PHM-1/2015

Jakarta, 6 September – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Siti Nurbaya melakukan kunjungan kerja dua hari ke Oslo, Norwegia, atas undangan PM Norwegia Erna Solberg kepada Presiden RI Jokowi. Turut dalam kunjungan tersebut antara lain Utusan Khusus Presiden Bidang Perubahan Iklim Prof. Rachmat Witoelar, Dirjen Perubahan Iklim KLHK Dr. Nur Masripatin, Karo Kerjasama Luar Negeri, dan Karo Perencanaan.

Setiba di Oslo hari Kamis, 3 September 2015 Menteri LHK beserta delegasi langsung bertemu Wakil Menteri Iklim dan Lingkungan Norwegia beserta tim. Delegasi dijamu makan malam oleh Menteri Iklim dan Lingkungan Norwegia Tine Sundtoft, dan keesokan harinya kedua Menteri bertemu dalam pertemuan bilateral. Delegasi juga bertemu dengan sejumlah anggota Parlemen Norwegia, dan dengan beberapa LSM, serta berkunjung ke Fasilitas Pengelolaan Sampah ROAF, Pemda Kota Oslo.

Di antara isu yang dibahas adalah kelanjutan Letter of Intent tentang Iklim dan Hutan, mendorong proses fase transisi dengan program-program prioritas menuju Fase II untuk satu tahun mulai Oktober 2015. Paralel dengan itu dalam Fase II akan disiapkan mekanisme pendanaan dan percontohan result based payment di beberapa propinsi, sebelum implementasi penuh mulai tahun 2018 (result-based payment berdasar hasil yang telah terverifiikasi terhadap FREL nasional yang disepakati/di-submit ke UNFCCC).

Melayani hak anda untuk tahu