Lebih Baik Mencegah daripada Memadamkan Api

Thu, 31 August 2017

Medan yang berat memaksa anggota Manggala Agni Daops Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan menggunakan sepeda motor trail saat melakukan patroli terpadu di wilayah Posko Desa Sungai Menang Kec. Sungai Menang, Kab. Ogan Komering Ilir, Rabu (30/8/2017). Masyarakat dihimbau agar tetap waspada terhadap bahaya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan tidak melakukan aktivitas yang dapat menimbulkan karhutla di wilayahnya.

“Saat ini langkah-langkah pencegahan adalah cara yang paling tepat dibanding harus melakukan pemadaman karhutla. Khusus pada lahan gambut, apabila sudah terbakar penanganannya tidak cukup dilakukan pemadaman water bombing dan pemadaman api di permukaan. Jadi pada prinsipnya lahan gambut harus diupayakan tetap basah agar tidak terbakar, diantaranya dengan membuat sekat kanal,” terang Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Raffles B. Panjaitan.

Pencegahan karhutla tidak selalu dilakukan dengan mengumpulkan masyarakat dalam acara formal. Manggala Agni mengupayakan penyadartahuan pencegahan di mana saja dan kapan saja saat bertemu dengan masyarakat. Melalui anjangsana langsung bertemu masyarakat di desa rawan menjadi bagian yang penting dalam rangkaian kegiatan patroli mereka.

Berita selengkapnya klik disini

Melayani hak anda untuk tahu