Memasuki Kemarau, KLHK Siaga Penuh Antisipasi Karhutla

Mon, 07 May 2018

Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK, Manggala Agni melakukan pengecekan hotspot di sejumlah wilayah rawan karhutla pada Minggu (06/05/2018). Pengecekan ini untuk memastikan kejadian kebakaran hutan dan lahan dengan pengecekan lapangan (groundcheck) terhadap hotspot yang terpantau oleh satelit. 

Sebagaimana yang dilakukan Manggala Agni Daerah Operasi (Daops) Labuhanbatu, Sumatera Utara bersama-sama dengan personil TNI, POLRI, Kepala Desa Tanjung Beringin, dan masyarakat Desa Tanjung Baringin, Kecamatan Huristak, Kabupaten Padanglawas. Berdasarkan informasi dari website LAPAN (05/05/2018) terpantau hotspot di wilayah tersebut. Tim segera melakukan pengecekan dan berdasarkan hasil groundcheck, ditemukan areal terbakar seluas 2,5 Ha pada lahan masyarakat, dan kondisi saat itu api sudah padam. 

Groundcheck juga dilakukan di Desa Air Hitam, Kecamatan Kualoh Leidong, Kabupaten Labuhabatu berdasarkan pantauan hotspot satelit TERRA-AQUA (NASA). Hasilnya ditemukan areal kebakaran seluas ± 10 ha pada lahan konsesi. Tim Manggala Agni dan TNI segera lakukan pemadaman pada areal tersebut. 

Berita selengkapnya klik di sini

Melayani hak anda untuk tahu