Menhut Beri Ijin Pemanfaatan HKM Di Tanggamus

Mon, 14 October 2013

Pushumas Kemenhut , Lampung : Menteri Kehutanan RI Zulkifli Hasan memberikan ijin pemanfaatan hutan kemasyarakatan (HKM) kepada 1.656 kepala keluarga anggota gabungan kelompok tani (Gapoktan) Sinar Harapan dan Sidodadi seluas 6.000 hektar (Ha, Senin (14/10) di Pekon Air Naningan, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus. HKM yang diberikan terbagi atas; 4.000 Ha untuk Gapoktan Sinar Harapan dan 2.000 Ha untuk Gapoktan Sidodadi.

Dalam sambutannya, Menhut menyampaikan bahwa HKM yang diserahkan kepada masyarakat hanya boleh diambil manfaatnya, seperti getah pohon damar, namun pohonnya sendiri tidak boleh ditebang. Pengelolaan HKM diserahkan langsung kepada masyarakat, namun tidak boleh dimiliki karena tanah tersebut adalah milik pemerintah. Kementerian Kehutanan bertugas untuk menjaganya agar masyarakat sekitar hidup sejahtera.

Pada kesempatan yang sama, Menhut juga mengatakan bahwa masyarakat yang mempunyai lahan namun tidak memiliki modal dalam pengelolaan hutan dapat mengajukan pinjaman badan layanan umum (BLU) kepada Pusat Pembiayaan Pembangunan Hutan. Dana yang dipinjamkan sebesar 20 juta rupiah setiap 1 Ha dengan bunga 7,2 persen dan dikembalikan 9 tahun kemudian.

Dalam kunjungan ini, Menhut juga menyerahkan 3 dinamo mesin pembangkit listrik tenaga mikrohidro kepada masyarakat setempat. 

Senada dengan Menhut, Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan dalam sambutannya juga meminta masyarakat jangan pernah berpikir bahwa hutan lindung bisa dimiliki jadi tanah warga. “Jangan tertipu dengan janji-janji manis calon legislatif yang mengaku bisa mengubah hak milik hutan lindung.”

Konsisten dengan program kerjanya, Menhut dalam kunjungannya kali ini juga menyempatkan diri melakukan penanaman pohon di areal sekitar lokasi acara berlangsung. (FOTOPUSHUMAS/Idjan/Idjan/arset)

Caption foto :

1. Menhut menyerahkan 3 dinamo mesin pembangkit listrik tenaga mikrohidro.

2, Menhut menandatangani SK penyerahan HKM seluas 4.000 Ha kepada 2 gabungan kelompok tani Sinar Harapan dan Sidodadi.

3. Menhut menyerahkan SK penyerahan HKM seluas 4.000 Ha kepada Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan.

4. Menhut memberikan arahan kepada masyarakat Tanggamus yang hadir pada acara tersebut.

5, 6. Menhut menyempatkan diri untuk bersalaman dengan warga yang hadir pada acara tersebut.

7, 8. Menhut melakukan penanaman pohon di sekitar lokasi acara berlangsung.

Melayani hak anda untuk tahu