Menhut Buka The 4th IndoGreen Forestry Expo Tahun 2012 dan Launching Website PPID

Mon, 02 April 2012

SIARAN PERS Nomor : S. 236/PHM-1/2012

Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan akan membuka ”The 4th IndoGreen Forestry Expo 2012” dan menlaunching website Pelaksana Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) pada 5 April 2012 di Assembly Hall, Jakarta Convention Center Jakarta, dan dilanjutkan dengan dialog Menteri Kehutanan dengan Anak Sahabat Alam. Dialog mengambil tema “Budayakan Menanam Pohon Sejak Usia Dini”, yang akan disiarkan TVRI untuk siaran tunda selama satu jam pada hari Sabtu, 7 April 2012. The 4th IndoGreen Forestry Expo 2012 yang akan berlangsung selama 4 hari (8-12 April 2012) ini, merupakan agenda tahunan Kementerian Kehutanan cq. Pusat Humas Kementerian Kehutanan bekerjasama dengan event organizer PT. Wahyu Promocitra.

Dalam acara penutupan tanggal 8 April 2012 nanti, akan dilakukan Green Fun Bike yang akan diikuti sekitar 500 peserta dengan menempuh rute : start dari Manggala Wanabakti – Bundaran HI – dan finish di Parkir Timur Senayan, dan dilanjutkan dengan penanaman pohon secara simbolis oleh Bapak Menteri Kehutanan, sekaligus menyerahkan bibit pohon kepada peserta Green Fun Bike, di areal GOR Bung Karno.

IndoGreen Forestry Expo 2012 mengusung tema “Green Growth Economy Toward 2020”. Tema ini diambil dengan tujuan ingin menunjukkan kepada dunia bahwa dengan konsep Green Growth Economy Toward 2020, kita berkomitmen untuk mengelola, melestarikan, manfaat hutan dan memperbaiki ekosistem kawasan lingkungan hidup, dengan keberpihakan kepada rakyat mengelola hutan secara berkeadilan. Dimana hal ini sesuai dengan komitmen Presiden untuk menurunkan Gas Rumah Kaca sebesar 26% dengan upaya sendiri atau sampai 41% dengan dukungan internasional, serta upaya pertumbuhan ekonomi sebesar 7% per tahun. Selain sebagai ajang promosi investasi di sektor kehutanan khususnya dalam pengelolaan hutan berbasis masyarakat dan penggunaan serta pemanfaatan hutan untuk sektor perkebunan, pertambangan, dan migas, pameran ini juga merupakan media pengayaan pengetahuan tentang pengelolaan hutan, penambah informasi yang sekaligus menjadi arena hiburan yang bernilai pengetahuan.

Pameran akan diikuti oleh 111 peserta, yaitu stakeholder kehutanan, baik di pusat maupun di daerah, diantaranya Dinas Kehutanan Propinsi dan Kabupaten, Kementerian terkait, BUMN dan BUMS di bidang kehutanan, perkebunan, pertambangan, dan MIGAS serta asosiasi dan NGO peduli kehutanan dan lingkungan hidup.

Sebagai ajang sosialisasi pembangunan kehutanan, selama pameran berlangsung, akan diselenggarakan berbagai diskusi dan talkshow. Beberapa tema yang diangkat yaitu : (1) Ekonomi Hijau dan Cinta Produk Indonesia; (2) Pemberdayaan Masyarakat Melalui Budidaya Gaharu; (3) Untung Berlimpah dari madu, Herba, makanan dan Produk Hutan non Kayu; (4) Produk Update Teknologi Pemetaan Kawasan Hutan; (5) Rekalamasi Lahan Bekas Tambang untuk Kelestarian Lingkungan Nusa Tenggara; (6) Hutan Reklamasi Bekas Tambang untuk Kesejahteraan Masyarakat dan Konservasi Lingkungan; (7) Lomba Mengambar Tingkat SD “Hutan Untuk Masa Depan bangsa Indonesia”.

Jakarta, 2 April 2012
Kepala Pusat Hubungan Masyarakat

S u m a r t o
NIP. 19610708 198703 1 002

Melayani hak anda untuk tahu