Menhut Hadiri Launching Buku Indeks Tata Kelola Hutan, Lahan, dan REDD+ 2012 di Indonesia

Thu, 19 July 2018

Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan didaulat untuk memberikan kata sambutan pembukaan pada acara Launching Buku Indeks Tata Kelola Hutan, Lahan, dan REDD+ 2012 di Indonesia. Acara yang digelar di Sasono Mulyo meeting room, Le Meridien Jakarta Hotel pada Senin (6/5) ini dihadiri langsung oleh Direktur UNDP Indonesia, Mrs. Beate Trankmann, Kepala Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP-PPP) serta Ketua Satgas Persiapan Kelembagaan REDD+, Kuntoro Mangkusubroto serta para pakar bidang perubahan iklim Indonesia.

Buku Indeks Tata Kelola Hutan, Lahan, dan REDD+ 2012 di Indonesia merupakan kumpulan indeks yang dinilai dari hasil Participatory Government Assessment (PGA) / Penilaian Tata Kelola Partisipatif dengan 6 (enam) isu pokok yang dinilai terkait perencanaan ruang dan hutan, hak atas sumberdaya hutan, pengorganisasian, pengelolaan hutan, penegakan hukum dan kesiapan infrastruktur REDD+ seperti kelembagaan dan MRV.

Menhut berharap laporan kondisi tata kelola hutan dan REDD+ ini akan menjadi salah satu masukan kepada Kementerian Kehutanan dalam menyusun rencana pembangunan kehutanan kedepan, khususnya pembangunan terkait dengan penguatan tata kelola yang baik dalam pengelolaan hutan dan pelaksanaan REDD+. Disamping itu, sistem penilaian tata kelola ini juga akan menjadi model untuk digunakan dalam melakukan penilaian tata kelola hutan dan REDD+ di masa yang akan datang.(pushumas/galih}

Melayani hak anda untuk tahu