Menhut Tandatangani Prasasti di Kawasan TN Tesso Nilo

Thu, 22 May 2014

Pushumas Kemenhut, Bukit Apolo : Dalam kunjungan kerjanya ke kawasan Taman Nasional Tesso Nilo, Menteri Kehutanan RI Zulkifli Hasan bersama Komandan Korem 031 Wirabima Agus Irianto dan Kepala Kepolisian Daerah Riau Condro Kirono secara bersama-sama menandatangani Prasasti “Pencanangan Awal Nasional Peningkatan Kualitas Ekosistem Kawasan TN Tesso Nilo” , Kamis (22/5) di Bukit Apolo Kawasan TN Tesso Nilo.

Bukit Apolo adalah kawasan taman nasional yang telah dirambah dan ditanami sawit, sekarang masyarakat secara sadar telah mengembalikan lahan tersebut kepada negara seluas 3000 ha, dan telah berhasil ditumbangkan seluas 200 ha serta membuat parit sepanjang 2 km.

Saat ini keanekaragaman hayati yang ada di Taman Nasional ini terus berkurang disebabkan maraknya aksi perambahan oleh masyarakat yang melibatkan para tokoh. Menurut laporan Kepala Balai Taman Nasional Tesso Nilo Ir. Tandya, M.Si jumlah perambah saat ini mencapai 70.000 KK dengan jumlah lahan yang dirambah mencapai 50.000 ha, sehingga dilakukan tindakan preventif bahkan tindakan represif yang didukung oleh TNI dan Polri serta semua masyarakat.

Dalam acara penandatanganan prasasti tersebut, Menhut menyampaikan sambutan dihadapan Kapolda, Danrem, Bupati dan para tokoh serta masyarakat yang hadir agar menjaga kelestarian hutan, jangan sampai TNTN hanya tinggal cerita. Merambah taman nasional adalah pelanggaran hukum, dan hukumannya berat apalagi sejak diterbitkannya UU 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan (P3H), ujar Menhut.

Pada kesempatan tersebut, Menhut bersama penegak hukum meninjau dan menumbangkan tanaman kelapa sawit yang berada di Taman Nasional tersebut serta berdialog dengan masyarakat yang telah menempati kawasan hutan tersebut.  daust/arset (FOTOPUSHUMAS/daus)

Keterangan Foto :

Foto 1 : Menhut Zulkifli Hasan (tengah), Danrem 031 Wirabima Agus Irianto (kanan), dan Kapolda Riau Condro Kirono (kiri) Menandatangani Prasasti “Pencanangan Awal Nasional Peningkatan Kualitas Ekosistem Kawasan TN Tesso Nilo” , Kamis (22/5) di Bukit Apolo Kawasan TN Tesso Nilo.

Foto 2 : Menhut Zulkifli Hasan (tengah), Danrem 031 Wirabima Agus Irianto (kanan), dan Kapolda Riau Condro Kirono (kiri) mengepalkan tangan bersama usai penandatanganan Prasasti.

Foto 3 : Menhut Zulkifli Hasan menebang pohon sawit ditanam di areal Bukit Apolo Kawasan TN Tesso Nilo.

Foto 4 : Menhut Zulkifli Hasan menebang pohon sawit yang ditanam di areal Bukit Apolo Kawasan TN Tesso Nilo.

Foto 5 : Menhut berdialog dengan masyarakat yang menempati dan telah berladang sawit di areal Bukit Apolo Kawasan TN Tesso Nilo.

Melayani hak anda untuk tahu