Menhut Tinjau Lokasi Eks Perambahan Liar Di Tesso Nilo

Tue, 05 August 2014

Pushumas Kemenhut, Indragiri Hulu Riau : Menteri Kehutanan RI Zulkifli Hasan meninjau lokasi eks perambahan liar kawasan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) , Selasa (5/8). di Kawasan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) yang berada di antara dua desa, yakni Bagan Limau Kecamatan Ukui Pelalawan dan Perhentian Mekar Kecamatan Lubuk Batu Jaya Indragiri Hulu. 

Menhut langsung menginstruksikan pihak terkait seperti kepolisian, kejaksaan tinggi, BPN, BBKSDA dan instansi terkait lainnya untuk menuntaskan permasalahan tersebut. Saat ditanya mengenai tindak lanjut penebangan lahan yang dirambah beberapa waktu lalu, Menhut mengatakan pihaknya akan segera melakukan Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL). Kawasan yang dirambah menjadi kebun sawit mencapai 200 Ha itu akan ditanam pohon jenis kayu dengan alokasi anggaran 5 juta rupiah per Ha. ‘’Kami sudah anggarkan untuk rehabilitasi itu, di 2014 ini sudah bisa dilaksanakan. Nanti masyarakat juga mendapatkan manfaat dari penanaman pohon-pohon tadi,’’ ujar Menhut. 

Selain itu, Menhut juga menerangkan, pihaknya mengajak sejumlah perusahaan swasta yang konsen terhadap lingkungan bersama Kementerian Kehutanan untuk mengawasi taman nasional. Lanjutnya, langkah proteksi untuk aksi perambahan pihaknya berjanji akan dilakukan secara berkelanjutan. Sinergitas lainnya juga dilakukan dengan kerja sama untuk pemeliharaan gajah di kawasan TNTN. Seperti diberitakan sebelumnya, sekitar 300 personel gabungan dari TNI AD, Polres Indragiri Hulu, Polres Pelalawan, Polhut, dan Dishut Riau melakukan pembersihan lahan menumbangkan pohon kelapa sawit di areal 200 hektare yang dikuasai perambah liar. (FOTO ISTIMEWA)

Keterangan Foto:

Foo 1 : Menhut saat tinjau sawit yang telah dimusnahkan di lokasi perambahan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN).

Foto 2 : Menhut tinjau gajah yang turut memusnahkan sawit di kawasan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) yang dirambah.

Foto 3 – 5 : Gajah latih dari tim Flying Squad WWF Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) turut memusnahkan sawit pada area TNTN yang telah dirambah.



Melayani hak anda untuk tahu