Menteri LHK Gelar Acara Raker Upaya Pencegahan Kebakaran Hutan Dan Lahan Tahun 2015

Thu, 08 January 2015

Pushumas Kemenhut, Jakarta : Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Siti Nurbaya , memimpin Rapat Kerja Upaya Pencegahan Kebakaran Hutan Dan Lahan Tahun 2015, sebagai tindak lanjut Arahan Bapak Presiden RI pada Rapat Terbatas Kebakaran Hutan dan Lahan di Bandara Pekanbaru Rabu 26 November 2014 dan Rapat Kabinet terbatas pada 2 Januari 2015 , yang menekankan pada upaya penyatuan “niat dan komitmen” seluruh stakeholder sektor kehutanan dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan. Rapat Kerja digelar pada Kamis Siang (8/1) di Ruang Rapat Utama Gd. Manggala Wanabakti, Jakarta. Raker dihadiri H Arsyadjuliandi Rachman selaku Plt Gubernur Riau, Kabareskrim Polri, Komjen Suhardi Alius , Polda dan Korem serta Bupati dan pengusaha hutan dan perkebunan se Provinsi Riau. Rapat ini bertujuan membahas kesiapan daerah dalam menghadapi kerawanan kebakaran hutan pada pertengahan Februari 2015 mendatang.

Menteri LHK mengharapkan seluruh jajaran Penegakan hukum di bidang kebakaran hutan dan lahan (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kepolisian, Kejaksaan, dan Pengadilan) diminta untuk lebih melakukan koordinasi, sinkronisasi, dan sinergitas upaya para penegak hukum. Upaya tersebut meliputi pembinaan, supervisi dan pengawasan, intelijensi, penyelidikan, dan penindakan terhadap pelanggar hingga aktor intelektual. Untuk itu perlu dilakukan langkah-langkah multidoors profesional, menggunakan dan menerapkan system tanpa pandang bulu serta tidak ada toleransi, sehingga tidak terkesan adanya pembiaran oleh negara. Tidak ada seorangpun atau lembaga manapun yang menjadi backing terhadap persoalan kebakaran hutan dan lahan. Seperti yang sudah ditegaskan berkali-kali oleh Bapak Presiden.

Pada rapat tersebut juga dibahas langkah lebih lanjut untuk penerapan sistem tata air dan pengembangan teknologi untuk menjaga fungsi ekosistem gambut agar berfungsi optimal. Diharapkan para pakar gambut dapat berperan lebih dalam memberikan sumbangan pemikiran untuk tersusunnya Pedoman Restorasi Hidrologi dan Ekosistem Gambut serta Pemanfaatan Gambut yang Berwawasan Lingkungan.

Keterangan Foto :

Foto 1 & 2 : Menteri LHK, Siti Nurbaya didampingi Plt. Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman (kanan), dan Kabareskrim Polri, Komjen Suhardi Alius (kiri) memimpin Rapat Kerja Upaya Pencegahan Kebakaran Hutan Dan Lahan Tahun 2015 di Ruang Rapat Utama Gedung manggala Wanabakti, Jakarta. (8/1).

Foto 3 : Suasana Rapat Kerja Upaya Pencegahan Kebakaran Hutan Dan Lahan Tahun 2015 di Ruang Rapat Utama Gedung manggala Wanabakti, Jakarta. (8/1).

Melayani hak anda untuk tahu