Menteri LHK Peringati Puncak HHI 2015 di Kampus UI Depok

Sat, 28 March 2015

Pushumas Kemenhut, UI Depok : Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya, bersama Rektor Universitas Indonesia (UI) Prof.Dr.Ir.Muhammad Anis, M.Met, hadir memperingati Puncak Perayaan Hari Hutan Internasional 2015, Sabtu (28/3) di Boulevard Universitas Indonesia-Depok Jawa Barat. Kegiatan ini juga dihadiri oleh FAO Country Representative, Walikota Depok, Direktur Utama Garuda Indonesia, Direktur Eksekutif Yayasan KEHATI, Para Aktivis Sosial dan Kemasyarakatan, 700 siswa SD, serta Civitas Akademika UI.

Sebagai simbolisasi untuk menumbuhkan kesadaran publik tentang pentingnya keberadaan hutan, pada Perayaan Hari Hutan Internasional 2015 , Menteri LHK bersama para tamu yang yang hadir dan civitas akademia UI melakukan kegiatan penanaman di Hutan Kota UI dan kawasan kampus Universitas Indonesia-Depok. Pohon-pohon yang ditanam adalah jenis pohon dari Indonesia Bagian Barat seperti jenis Meranti dan jenis pohon buah langka seperti Kemang, Kepel, Kupa Gowok, Bisbul dan lain sebagainya. 

Pada perayaan HHI 2015 ini dilakukan penandatangan MoU antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan Universitas Indonesia terkait penelitian dan pengembangan lingkungan hidup dan kehutanan. Mou tersebut ditandatangani oleh Sekjen Kementerian Kehutanan Hadi Daryanto dan Rektor Universitas Indonesia Prof.Dr.Ir.Muhammad Anis, M.Met. 

Selain itu ditempat yang sama Badan Litbang Kehutanan meluncurkan 3 buah buku yang berjudul: Taksus Sumatrana, Atlas Kayu Indonesia dan Pentingnya Taman Nasional, hasil karya Badan Litbang Kehutanan yang diserahkan kepada Rektor Universitas Indonesia. 

Untuk menanamkan kesadaran sejak dini pada anak-anak dan remaja tentang pelestarian keanekaragaman hayati dicanangkan pula Program Partisipasi Siswa Sekolah pada Pembangunan Hutan Kota dengan melibatkan 700 siswa SD dari 4 sekolah yakni Sekolah Citra Alam Ciganjur, Sekolah Alam Indonesia Cipedak, Sekolah Semut-Semut, dan Sekolah Dasar Ricci II, Bintaro. 



Keterangan Foto:

Foto 1, 2 : Menteri LHK Siti Nurbaya saat memberikan sambutan pada puncak peringatan Hari Hutan Internasional 2015 di Boulevard Universitas Indonesia, Depok 

Foto 3, 4, 5 : Dilakukan penandatangan MoU antara Kementerian LHK oleh Sekjen Kementerian Kehutanan Hadi Daryanto dan Rektor Universitas Indonesia Muhammad Anis. disaksikan oleh Menteri LHK Siti Nurbaya dan Sesmen Kementerian Lingkungan Hidup Rasio Ridho Sani

Foto 6,7,8,9 : Menteri LHK menyerahkan buku karya Badan Litbang Kehutanan kepada Rektor UI Muhammad Anis, Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail dan perwakilan dari mahasiswa UI.

Foto 10, 11 : Menteri LHK bersama seluruh peserta acara puncak peringatan Hari Hutan Internasional 2015 melakukan penanaman sebagai salah satu upaya menumbuhkan kesadaran publik tentang pentingnya keberadaan hutan. 

Foto 12 : Menteri LHK saat memberikan keterangan pers usai melakukan penanaman.

Melayani hak anda untuk tahu