Menteri LHK Tinjau Calon Lokasi Peringatan HMPI

Sat, 29 October 2016

Nomor : SP. 112 /HUMAS/PP/HMS.3/10/2016


Tuban – Jawa Timur, Biro Humas Kementerian LHK, Sabtu, 29 Oktober 2016: Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, meninjau calon lokasi peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang jatuh pada 28 November setiap tahunnya di Desa Tasikharjo Kec. Jenu Kab. Tuban – Jawa Timur. Direncanakan acara puncak peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) tanggal 28 November mendatang akan dihadiri Presiden RI untuk memimpin langsung penanaman pohon dan diikuti oleh 10.000 orang. Di lokasi puncak HMPI ditargetkan tertanam 230.000 batang dan akan memecahkan rekor guinness book untuk penanaman pohon terbanyak dalam satu waktu.

Didampingi Bupati dan jajaran SKPD Tuban, Menteri LHK mengunjungi areal seluas 23 Ha milik rakyat yang akan digunakan untuk menanam tanaman Jati dan Kaliandra. Kaliandra merupakan jenis tanaman berumur pendek yang menjadi bahan baku bio fuel. Rencananya kedua jenis tanaman ini akan ditanam berdampingan satu dengan yang lain. Masyarakat Tasikharjo merupakan masyarakat petani dan peternak di kawasan Tuban, namun dengan rendahnya harga jagung akhir-akhir ini, mengakibatkan beberapa petani membiarkan areal pertanian tidak tergarap. Sehingga bila digambarkan skema yang akan dilakukan untuk terus menggerakkan ekonomi masyarakat desa ini adalah hasil jangka pendek aktivitas ekonomi di dapat melalui panen Kaliandra, sedangkan untuk hasil ekonomi jangka panjang melalui panen Jati.

Perhutanan Sosial merupakan salah satu program prioritas KLHK, dan KLHK berkomitmen untuk menghadirkan negara melalui pengelolaan hutan rakyat yang mensejahterakan sekaligus menjaga tutupan lahan merupakan tujuan dari Perhutanan Sosial.

Alasan lain dengan dipilihnya Tasikharjo menjadi kawasan penanaman pohon ini juga dikarenakan tingginya kesadaran masyarakat di kawasan ini untuk meningkatkan taraf hidup mereka secara bersama, hal ini terbukti dari besarnya animo masyarakat Tasikharjo pada koperasi. Hampir seluruh warga dikawasan ini, melakukan simpan pinjam di koperasi. Besar harapan peran serta masyarakat dalam peningkatan ekonomi dikawasan ini menjadikan wilayah ini benar-benar menjadi tempat pelaksanaan HMPI tahun 2016 ini. (***)

Penanggung jawab berita:
Kepala Biro Humas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Novrizal Tahar – 0818432387

Melayani hak anda untuk tahu